Team AMM Kab Lahat Serbu Keban Agung Mulak Sebingkai Pasca Banjir Bandang

Jumat, 3-Januari-2020, 21:15


Banjir bandang yang melanda desa Keban Agung kec Mulak Sebingkai Kab Lahat pada Senin, 30 Desember lalu menyisakan luluh lantah nya rumah warga, sedikit nya 10 rumah hilang 13 rumah rusak berat dan puluhan rumah rusak ringan, hal ini ternyata menjadi perhatian khusus oleh Angkatan Muda Muhammadiyah (AMM) hingga menurunkan pasukan nya untuk membantu warga yang terkena musibah.

Tidak hanya melakukan penggalangan dana serta mendirikan pos kordinasi (Poskor) sebagai wadah bantuan masyarakat, namun langkah yang dilakukan AMM yang terdiri dari Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah (PDPM), KOKAM, Ikatan Alumni Muhammadiyah (IKAM), Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) yang kemudian tergabung dalam Lembaga Penanggulangan Bencana Muhammadiyah (LPBM) atau yang lebih dikenal dengan MDMC (Muhammadiyah Disaster Management Center ) melakukan peninjauan langsung ke lokasi bencana serta membersihkan bekas puing-puing bangunan yang roboh.

Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah Emil Asy’ari mengatakan, selain melakukan bantuan kemanusyaan, tujuan kegiatan ini juga dilakukan atas dasar fastabiqul khairat dan amal ma’ruf yang digadang-gadang kan Muhammadiyah dalam bermasyarakat.

“Kami dari team AMM yg tergabung dalam MDMC kab Lahat, sangat berbelasungkawa atas kejadian musibah besar ini, sehingga dengan apa yang kami punya dan bisa untuk kami bantukan kepada warga yang terkana musibah, juga sebagai bentuk mengaplikasikan fastabiqul khairat dan amal ma’ruf Muhammadiyah” ujar Emil.

Tidak hanya itu, MDMC yang terkenal dengan administrasi yang rapi dan lengkap ini, melakukan kegiatan nya berdasarkan instruksi langsung ketua MDMC wilayah Palembang Koeswanto, Koes menginstruksikan langsung kegiatan amal ini mulai dari pembangunan Pos Pelayanan (Posyan), data warga yang terkena bencana, kerugian warga hingga masalah pendanaan.

Pasukan KOKAM Pemuda Muhammadiyah yang merupakan team sapu bersih di TKP, menjadi garda terdepan dalam membersihkan dan merapikan serta menata kerusakan yang terjadi, tak kenal lelah itulah yang terdengar dari mulut warga dalam menyampaikan perasaan terimakasih nya.

“Kami sangat berterimakasih dengan rombongan Pemuda Muhammadiyah, yg rela hingga tiga hari membantu kami baik dari segi bantuan logistik hingga tenaga, apalagi KOKAM, mereka tak kenal lelah, semoga Allah membalas nya” tukas Fikri warga yang terkena bencana.

Disampaikan oleh ketua Poskor MDMC Kab Lahat Rahmat Thamrin, bahwa rencana bantuan penanggulanagan bencana ini akan berlangsung selama 14 hari sejak terjadinya bencana.

“Kami sudah melakukan beberapa kegiatan untuk membantu penanggulangan bencana ini, mulai dr pembentukan posyan, poskor, sapu bersih, pendistribusian bantuan dan penggalangan dana, rencananya kegiatan ini akan berlangsung selama 14 hari dari terjadinya bencana” pungkas Rahmat. (RT2019)

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
PULAU PINANG - GUMAY ULU - GUMAY TALANG - LAHAT SELATAN
KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT
TANJUNG SAKTI PUMU - TANJUNG SAKTI PUMI

LAHAT - Selasa, 16-April-2024 - 18:21

Polres Lahat Gelar Halal Bihalal

selengkapnya..

MULAK ULU - Minggu, 14-April-2024 - 09:00

PENOMENA MISTIS TEBAT BESAK LAWANG AGUNG

selengkapnya..

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater