Pantauan MRI Korda Lahat, Tahun Baru Bergenang Air di Kota Jaya

Rabu, 1-Januari-2020, 06:41


Lahat – Hujan lebat yang menghiasi malam pergantian Tahun Baru, membuat tim Rescue MRI Korda Lahat melakukan pemantauan ke beberapa titik rawan banjir di Kota Lahat. Salah satunya adalah di RT 7 dan 8 Kelurahan Kota Jaya, yang memang tidak jauh dari Sungai Lematang. 5 Orang tim MRI mulai melakukan pemantauan dan membantu beberapa warga yang menyelamatkan barang-barang mereka. Rabu (01/01/2020).

Air meluap di daerah ini terjadi di kisaran pukul 01.00 s.d 03.30 WIB. Bahkan, air sempat mencapai perut orang dewasa. Beruntung tidak ada korban jiwa. Hanya merendam rumah dan perabotan milik warga, yang diperkirakan sampai 50 rumah yang terdampak.

Yodi Winata, salah seorang tim MRI Korda Lahat menegaskan bahwa banjir diduga kuat karena luapan air dari Sungai Lematang.

“Berdasarkan Info dari masyarakat setempat dikarenakan curah hujan tinggi, tanggulan yang lebih rendah dari luapan air, pendangkalan/pengecilan ruang sungai dan hujan yang tak henti hentinya selama beberapa jam mengakibatkan sungai lematang yang tidak jauh lokasinya dari rumah warga meluap hingga ke rumah warga. Mengakibatkan rumah warga terendam air setinggi +/- 1 s/d 2 M. Kini warga telah mengungsi untuk menyelamatkan diri,” ujar Yodi.

Yodi menambahkan imbas dari banjir di Kelurahan Kota Jaya ini tentu saja terhambatnya aktivitas warga.

“Dengan kejadian ini, masyarakat bisa membantu Sembako, PLP (Pakaian Layak Pakai) kepada penyintas di Kota Jaya,” lanjut Yodi.

Pani Ase, selaku Ketua RT. 05 Kota Jaya berharap agar pemerintah segera memberikan solusi atas permasalahan banjir di tempat mereka.

“Harapannyo untuk pemerintah supayo cepat dalam menanggulangi banjir di daerah kami dan memberikan bantuan bagi para pengungsi,” ujar Pani Ase.

(Aan LO)

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT DALAM POTRET

PAJAR BULAN - Selasa, 23-April-2024 - 09:10

Puskes Pajar Bulan, Gelar Re – Akreditasi 

selengkapnya..

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
PULAU PINANG - GUMAY ULU - GUMAY TALANG - LAHAT SELATAN
KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT
TANJUNG SAKTI PUMU - TANJUNG SAKTI PUMI

LAHAT - Selasa, 16-April-2024 - 18:21

Polres Lahat Gelar Halal Bihalal

selengkapnya..

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater