Kalangan Pagar Jati, Sepi Pembeli Pedagang Merugi

Minggu, 29-Desember-2019, 19:33


LAHATONLINE,Pagar Jati – Harga getah karet yang kian terpuruk dan telah lama mengalami penurunan serta belum ada tanda-tanda akan mengalami kenaikan, berimbas pada perekonomian masyarakat khususnya di kecamatan kikim selatan merosot tajam.
Biasanya para petani karet usai mereka menjual hasil sadapannya, langsung menyerbu pasar untuk membeli kebutuhan sehari-hari. Namun dalam keadaan seperti ini, mereka harus mengencangkan ikat pinggang dan harus bisa mengatur penghasilan agar bisa bertahan hidup.

Dari pantauan di beberapa pasar kalangan, suasananya hampir sama, proses transaksi jual beli tampak sepi, lapak-lapak para pedagang terlihat lengang.

“Seperti inilah pak, sudah beberapa bulan ini sepi pembeli,” ucap anwar (30) salah satu pedagang sayuran di pasar kalangan Desa Pagar Jati, minggu (29/12).

Masih kata anwar, semenjak harga getah murah, rata-rata pembeli hanya berbelanja dilapaknya kebutuhan pokok saja.
“Paling membeli cabe dan bawang, kalau sayuran jarang ditoleh, alasan pembeli sudah tidak ada lagi uang,” ujarnya

Kata yang sama diutarakan, ela (28) salah satu pedagang pakaian di pasar kalangan Desa Padan arang, pembeli hanya menonton dagangannya saja.

“Jangankan mau beli, menawar dagangan aku saja para pembeli malas, paling hanya melihat-lihat, sepi sekali pak. Entah sampai kapan keadaan seperti ini akan berakhir,” unjarnya.

Lanjut ibu satu orang anak ini, yang dibeli di pasar hanya kebutuhan pokok saja karena dari hari ke hari harga getah kian turun dan kalaupun naik kisarannya di angka Rp 7000 sampai Rp 8000 satu kilogramnya.

“Beli beras, garam cabe itulah yang bisa kami beli sekarang ini, yang penting kami bisa makan dulu. Nunggu solusi pemerintah sampai sekarang belum ada tindakannya. Solusinya kami bisa irit dan bisa atur uang yang kami dapat agar bisa bertahan hidup,” ungkapnya.(Ar3)

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT DALAM POTRET

PAJAR BULAN - Selasa, 23-April-2024 - 09:10

Puskes Pajar Bulan, Gelar Re – Akreditasi 

selengkapnya..

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
PULAU PINANG - GUMAY ULU - GUMAY TALANG - LAHAT SELATAN
KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT
TANJUNG SAKTI PUMU - TANJUNG SAKTI PUMI

LAHAT - Selasa, 16-April-2024 - 18:21

Polres Lahat Gelar Halal Bihalal

selengkapnya..

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater