Puskemas Nanjungan Terus Cegah Stunting

Sabtu, 28-Desember-2019, 19:27


LAHATONLINE, Nanjungan- Bayi stunting menjadi “pekerjaan rumah” bagi Puskesmas Nanjungan Pemberian makanan tambahan (PMT) menjadi salah satu upaya yang terus digencarkan guna menekan kasus kelahiran bayi kerdil.

kepala Puskesmas Nanjungan Ikman Skm mengatakan, kasus stunting diukur berdasarkan tinggi dan berat badan anak, kemudian disesuaikan dengan umur. Pertumbuhan anak dianggap normal jika tinggi badan mereka selalu bertambah setiap saat. Sebaliknya, jika pertumbuhan anak terhambat bisa jadi karena mengalami gangguan gizi. Akibatnya, tinggi badan mereka lebih pendek dibanding ukuran normal.

“Pencegahan bisa dimulai sejak masa pranikah, hamil, kemudian bayi lahir hingga balita,” ujarnya Sabtu (28/12).

tambahnya , bayi stunting merupakan rangkaian panjang yang berawal ketika pernikahan orang tuanya belum cukup umur. Atau sudah memasuki usia pernikahan, namun saat masa kehamilan tidak didukung dengan asupan gizi seimbang. Ini juga bisa menyebabkan pertumbuhan bayi menjadi terganggu saat berada dalam kandungan. “Upaya yang sudah kami lakukan adalah memberikan tablet tambah darah dan PMT kepada ibu melahirkan,” ungkapnya.

Sementara itu Sulastri Andriani A.mg mengatakan Pencegahan stunting selanjutnya melalui posyandu. Di posyandu, bayi dan balita bukan hanya sekadar dicek pertumbuhan tinggi dan berat badan. Tapi juga kesehatan ketercukupan gizi mereka.
“Posyandu bukan hanya menimbang anak. Ini catatan. Anak tumbuh normal atau tidak juga harus ditanyakan,” tegasnya.

Untuk itu Dalam rangka percepatan penurunan Stunting di wilayah kerja Puskesmas Nanjungan tahun 2019, membuat inovasi kegiatan kerjasama lintas program dan lintas sektor “CETING DESA” (Cegah Stunting Itu Penting dengan bersama-sama).

Kegiatan pokok pencegahan stunting yakni dengan melakukan validasi data pengukuran dan penimbangan bayi dan balita yang ada di wilayah kerja UPTD Puskesmas Nanjungan
Dengan Sasaran program Ceting Desa ini yaitu semua bayi balita yang ada di wilayah binaan Puskesmas Nanjungan.

” harap kami semoga Apa yang telah kami programkan bisa berdampak menurunnya stanting di wilayah kerja Puskesmas Nanjungan karna melakukan pencegahan dari awal berdampak efek postif untuk penurunan stanting dimasyarakat” pangkasnya (Ar3)

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT - Selasa, 16-April-2024 - 18:21

Polres Lahat Gelar Halal Bihalal

selengkapnya..

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
PULAU PINANG - GUMAY ULU - GUMAY TALANG - LAHAT SELATAN
KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT
TANJUNG SAKTI PUMU - TANJUNG SAKTI PUMI

MULAK ULU - Minggu, 14-April-2024 - 09:00

PENOMENA MISTIS TEBAT BESAK LAWANG AGUNG

selengkapnya..

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater