Semarak Acara Puncak Milad Muhammadiyah ke 107 dan Aisyiyah ke 105

Kamis, 19-Desember-2019, 16:13


Lahat – Gedung Dakwah Muhammadiyah yang beralamat di Jalan Sai Sohar menjadi lokasi acara puncak Milad Muhammadiyah ke 107 dan Aisyiyah ke 105 Kabupaten Lahat. Milad Muhammadiyah dan Aisyiyah jatuh pada tanggal 18 November 1912 (8 Dzulhijjah 1330 H). Sejarah mengatakan bahwa keberadaan Muhammadiyah pada awal berdirinya tidak lepas dan merupakan menifestasi dari gagasan pemikiran dan amal perjuangan Kyai Haji Ahmad Dahlan (Muhammad Darwis) sebagai pendirinya.

Milad tahun ini, Muhammadiyah Lahat mengangkat tema ‘Mencerdaskan Anak Bangsa’ sementara Aisyiyah mengangkat tema ‘Aktualisasi Risalah Pencerahan Untuk Dakwah Melintas Batas’. Bersama PDM di bawah pimpinan Khaidir Rusmi dan PA di bawah pimpinan dr. Hj. Laila Cholik  menggelar berbagai kegiatan bersama.

Pimpinan Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Lahat, H. Khaidir Rusmi, S. Pd., M.Si dalam sambutannya menjabarkan tentang keberadaan Muhammadiyah dalam segala aspek pergerakan.

“Semoga ke depan Muhammadiyah Lahat semakin Istiqomah dalam perjalanan dakwah dan kebermanfaatan bagi masyarakat. Baik dalam pendidikan, kesehatan, mau pun juga sosial dan keagamaan,” ujar Khaidir Rusmi.

Sementara itu, Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Sumatera-Selatan melalui sekretaris H. Suroso mengucapkan selamat kepada Muhammadiyah Lahat atas suksesnya digelar rangkaian kegiatan Muhammadiyah Lahat.

“Kami mengucapkan selamat atas terselanggaranya kegiatan Milad Muhammadiyah ke 107 dan Aisyiyah ke 105. Apresiasi juga kepada segenap jajaran panitia yang telah menyukseskan kegiatan ini,” ucap H. Suroso.

Bupati Lahat, Cik Ujang S.H, dalam sambutannya menegaskan bahwa Pemerintah Kabupaten Lahat selalu mendukung kegiatan Muhammadiyah. Tidak lupa orang nomor satu di Kabupaten Lahat ini memberikan harapan dan turut mendoakan perjalanan Muhammadiyah ke depan.

“Tumbuh kembang Muhammadiyah sampai sekarang begitu berkembang dan bercahaya seperti Sang Surya. Dalam usianya yang lebih dari 100 Abad, Muhammadiyah terus memperkuat kualitas sumber daya manusia melalui jalur pendidikan di Indonesia. Muhammadiyah memandang bahwa bangsa dan umat ini, bahkan manusia semesta itu perlu hidup cerdas.

Muhammadiyah telah melewati perjalan panjang sebelum republik ini dengan memulai amal usaha, pendidikan, pelayanan sosial, dan kesehatan, Alasannya tak lain semua agar cerdas lahir dan batin. Sehingga Muhammadiyah terlihat nampak fokus untuk mencerdaskan, mencerahkan dan memajukan bangsa. Pemerintah kabupaten Lahat, dengan ini mendukung segala bentuk dakwah Muhammadiyah dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa. Karena bagi kami dan kita, visi dan misi Muhammadiyah dalam hal mencerdaskan kehidupan bangsa, adalah sebuah dakwah yang baik dan benar yang merupakan tujuan pemerintah juga.

Akhirnya, dengan ini kami mengucapkan, selamat Milad Muhammadiyah yang ke-107 tahun, dengan harapan dan Do’a semoga apa yang telah dilakukan persyarikatan Muhammadiyah dalam mencerdaskan kehidupan bangsa, dapat menjadi ciri masyarakat untuk membawa Kabupaten Lahat kepada yang lebih baik, beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT,” papar Cik Ujang.

Dalam acara ini juga digelar Tabligh Akbar oleh Sekretaris Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Drs. H. Marpuji Ali, M. Si. Tokoh Muhammadiyah ini rela turun gunung demi menyambangi Muhammadiyah Kabupaten Lahat.

“Semoga dengan Milad Muhammadiyah dan Aisyiyah tahun ini, sejalan dengan pemerintah dalam mencerdaskan anak bangsa. Terkhusus pergerakan di Kabupaten Lahat,” harap Drs. H. Marpuji Ali, M. Si.

Sebelumnya, Pimpinan Daerah Muhammadiyah dan Pimpinan Daerah Aisyiyah Kabupaten Lahat telah melaksanakan berbagai kegiatan dalam rangka memeriahkan Milad kali ini seperti lomba mewarnai, sunatan massal dan lomba memasak masakan non beras yang dilaksanakan oleh Pimpinan Daerah Aisyiyah serta lomba Tahfidz Qur’an dan lomba Kuliah Tujuh Menit (Kultum) yang dilaksanakan oleh perguruan Muhammadiyah Lahat. Pembagian hadiah dari berbagai perlombaan tersebut diserahkan pada hari ini.

(Aan LO)

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
PULAU PINANG - GUMAY ULU - GUMAY TALANG - LAHAT SELATAN
KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT
TANJUNG SAKTI PUMU - TANJUNG SAKTI PUMI

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater