Desa Tanjung Tebat Adakan Musdes, Kades Prioritaskan Ekonomi Kreatif

Senin, 16-Desember-2019, 23:21


TANJUNG TEBAT – Guna menyongsong pembangunan desa secara merata dengan Rencana Kerja Pembangunan (RKP) tahun 2020 mendatang melalui Dana Desa Tanjung Tebat, Kecamatan Lahat Selatan, Kabupaten Lahat menggelar Muasyawarah Desa (Musdes), di balai desa. Senin (16/12/19).

Dalam Musyawara Desa kali ini, BPD membahas beberapa usulan dari Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah, selain itu, program dari Ibu-ibu PKK untuk melaksanakan ekonomi produktif serta beberapa pembangunan di desa juga jadi pembahasan Musdes.

Selaku kepala desa Tanjung Tebat, Sangkudin mengatakan, saat ini pihaknya menampung semua bentuk usulan pembangunan yang di usulkan dari BPD, Karang Taruna, Tokoh Agama, Ibu-ibu PKK serta dari Kadus setempat.

“Salah satu tujuannya musdes ialah membuat perencanaan pembangunan di desa untuk tahun depan, pembangunan tidak akan berhasil dengan baik, tanpa peran serta masyarakat di dalam perencanaan,” kata Sangkudin.

Namun, saat ini pihaknya baru menampung usulan perencanaan pembangunan hasil musdes yang di gelar bersama BPD, Camat Lahat Selatan, Babinsa, Bhabikantibmas, pendamping desa, Ibu PKK Toko Masyarakat, serta pihak Puskesmas.

“Usulan-usulan yang di sampaikan jika kiranya dapat terealisasi hendaknya seperti ekonomi produktif dan Bumdes, agar kedepan nantinya dapat menompang Pendapat Asli Desa dan kesejahteraan warga desa dapat meningkat,”Kata Sangkudin.

Senada, Camat Lahat Selatan, Budi Utama menjelaskan bahwa, Musdes adalah tahapan awal untuk melakukan rancangan pembangunan desa, dalam rancanagan pembangunan terdapat juga usulan pembanguanan prioritas dari pemerintah pusat, yang mengharuskan agar tiap desa membangun perpustakan desa.

“Musdes ini sangat penting, karena usulan dari unsur terkait dapat di masukan dalam rencanana pembangunan desa tahun 2020 mendatang,” Jelas Budi

Selain itu dirinya juga meminta kepada pihak Puskesmas Desa Tanjung Tebat agar membuat program kerja khusus terkait stating,”Untuk puskesmas harus ada program kerja menyangkut Stating ini, karena ini juga program prioritas,” Pintanya.

Dari hasil musdes Desa Tanjung Tebat, Kecamatan Lahat Selatan, usulan yang masuk dalam Rancangan Kerja Pembangunan tahun 2020 diantaranya, pembangunan Drainase, Ekonomi Produktif berupa pengadaan sewa tenda panggung dan kursi, pembangunan lampu jalan penerangan desa, Perpustakaan desa, Melanjutan pembangunan Balai Desa, Membangun jembatan menuju pemakaman umum, serta Membangun fasilitas olaraga desa seperti Tenis Meja.

(Aan LO)

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT DALAM POTRET

MULAK ULU - Minggu, 14-April-2024 - 09:00

PENOMENA MISTIS TEBAT BESAK LAWANG AGUNG

selengkapnya..

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
PULAU PINANG - GUMAY ULU - GUMAY TALANG - LAHAT SELATAN
KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT
TANJUNG SAKTI PUMU - TANJUNG SAKTI PUMI

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater