Syukuran Tegak Rumah, Pertahankan Tradisi Jawa

Minggu, 8-Desember-2019, 23:32


LAHAT ONLINE, CEMPAKA SAKTI – Masyarakat Desa Cempaka Sakti SP 1 Palembaja yang mayoritas keturunan Jawa sampai saat ini masih memegang teguh tradisi Jawa.

Salah satunya adanya tradisi tegak rumah, dimana saat membangun rumah dan hampir jadi, masyarakat memasak ayam ingkung sesuai dengan tradisi jawa.

“Kami sangat memegang teguh tradisi kami, selama tidak menyimpang dari aturan agama,” ujar Kepala Desa (Kades) Cempaka Sakti, Mushlih Abdullah.

Selain itu, Mushlih mengatakan selain tegak rumah, masak ayam ingkung. Dirinya juga sepenuhnya mendukung tradisi tradisi leluhur di desanya.

“Yang terpenting tidak menyimpang dari gusti Allah. Kami berharap tradisi tradisi seperti ini tetap berjalan sampai anak cucu kita kelak,” tandasnya.

Sementara itu, salah satu masyarakat pendatang dari Lahat, Misna mengaku tidak mempersoalkan tradisi jawa yang masih melekat kental di Desa Cempaka Sakti.

“Bahkan kami sering ikut, karena tradisi jawa mengajarkan kami tentang kebersamaan, gotong royong dan peduli terhadap sesama,” katanya. (Ir22)

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
PULAU PINANG - GUMAY ULU - GUMAY TALANG - LAHAT SELATAN
KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT
TANJUNG SAKTI PUMU - TANJUNG SAKTI PUMI

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater