DEMAM GAME ONLINE ANCAM PRESTASI BELAJAR

Jumat, 15-November-2019, 12:03


LAHATONLINE, Muara Danau – Kemajuan tekhnologi bisa ancam prestasi belajar kalangan pelajar. Pasalnya, demam game online saat ini sangat digandrungi siswa. Akibatnya, prestasi akademik pun siap terjun payung.

Peran orang tua sangat dibutuhkan agar membatasi game online oleh anak-anak. Saat diluar jam sekolah, banyak pelajar yang menghabiskan waktu hingga larut malam hanya bermain game online.

“’Game online bisa menjadi ancaman perolehan prestasi akademik siswa. Hampir 85 persen pelajar saat ini sangat memfavoritekan permaian online melalui media. Seperti usia taman kanak-kanak ataupun pendidikan tingkat dasar, maupun menengah atas” sambungnya. Rini Salah satu guru Di SMA Negeri 1 Kikim Timur, Kamis (14/11)

Selain itu, andi salah satu masyarakat Muara Danau Mengatakan berkembang pesatnya dunia teknologi dan ketertarikan pada teknologi baru ini juga menjadikan game online banyak sekali peminatnya.

Bagi pelajar, game online bisa membantu merefresh kembali otak mereka setelah seharian di hadapkan dengan papan tulis dan juga buku pelajaran.

Banyak dari mereka yang menjadikan game online sebagai salah satu wadah untuk bersosialisasi dan menambah kenalan baru, baik di dunia maya melalui game tersebut ataupun seperti di warnet tempat para pemain game ini berkumpul.

Dan tidak jarang sebagian dari orang-orang menggunakan game online sebagai hobi untuk mengisi waktu luang.

“Mereka biasanya berkumpul di waktu luang seperti waktu pulang sekolah ataupun di hari libur akhir pekan. Dampak negatif dari game online adalah siswa akan malas belajar dan sering menggunakan waktu luang mereka untuk bermain game online, siswa akan mencuri curi waktu dari jadwal belajar mereka untuk bermain game online,” bebernya.

“Waktu untuk belajar dan membantu orang tua sehabis jam sekolah akan hilang karena main game, lupa waktu, Pola makan akan terganggu, emosional siswa juga akan terganggu karena efek game ini, jadwal beribadah pun kadang akan di lalaikan oleh siswa,” jelasnya. (Ar3)

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
PULAU PINANG - GUMAY ULU - GUMAY TALANG - LAHAT SELATAN
KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT
TANJUNG SAKTI PUMU - TANJUNG SAKTI PUMI

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater