Lagi, Calon Kades Talang Sejemput Bersumpah Tidak Money Politic

Money Politic Hantui Pilkades di Lahat

Senin, 28-Oktober-2019, 23:49


LAHAT ONLINE, TALANG SEJEMPUT – Sebagaimana amanat undang undang tentang pemilihan langsung Kepala Desa (Kades) oleh masyarakat, benerapa hari lagi Kabupaten Lahat akan mengadakan pesta demokrasi di tingkat desa , atau yang lebih di kenal Pilkades serentak.

Kecamatan Lahat Selatan, salah satu kecamatan yang baru di kabupaten lahat ini juga ikut memeriahkan pesta demokrasi ini. Di antara 10 desa yang ada di Kecamatan Lahat Selatan , ada 3 desa yang akan melaksanakan pesta demokrasi tersebut , di antaranya Desa Banjar Negara, Tanjung Payang dan Talang Sejemput.

Dalam pantauan lahat online, ada yang unik dan luar biasa di lakukan oleh panitia Pilkades di Desa Talang Sejemput, yaitu perjanjian tertulis oleh calon kades , bahkan sumpah di masjid di bawah alquran. perjanjian tertulis maupun sumpah di lakukan yang isinya tidak boleh melakukan pembelian suara alias money politic.

Info ini di dapat dari beberapa tokoh masyarakat, dan panitia Pilkades, seperti yang di sampaikan Husni, salah satu tokoh masyarakat kepada lahatonline.com mengatakan.

“Au nian di dusun kami dek tau ame nak main kah cu “duet”, karne calon kades kami lah di sumpah nian. Kalo main kah cu dek nyelamat,” ujarnya.

Sementara itu, Asarkawi warga Desa Talang slSejemput mengatakan. “au nian pak, dek ke henang kalu kades ye menang karne mbeli suahe, lah banyak contoh. ke njadi ape nian dusun kami ni kalo kades nye kele mainkah duit,” katanya.

Tak hanya itu, Sarmudin warga desa kerung mengatakan. “mak ini dang musim besumpah dek kah main duit atau cu, termasuk di daerah pagun dusun air lingkar same lok itu pule, siape mainkah cu di batalkah,” tuturnya.

“Anye itulah, aku dek yakin calon ni kah takut sumpah, karne demokrasi lahat ni lah ancur, semenjak pilkada madak e, jadi aseku masih ke di langgar oleh calon calon kades mak ini,” tandasnya. (Jon22)

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
PULAU PINANG - GUMAY ULU - GUMAY TALANG - LAHAT SELATAN
KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT
TANJUNG SAKTI PUMU - TANJUNG SAKTI PUMI

MERAPI BARAT - Kamis, 13-Juni-2024 - 19:14

Pemdes Merapi Bagikan BLT Kepada 27 KPM 

selengkapnya..

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater