IRINGI PENGANTIN, TRADISI “NGARAK” DI GANG BANGSAL TAMPIL MENARIK

Minggu, 27-Oktober-2019, 16:04


Lahat – Tradisi arak-arakan atau “ngarak” masih terus berkembang di Kabupaten Lahat, terutama untuk mengiringi hajatan seperti pernikahan, khitanan dan lain sebagainya. Berbagai macam bentuk arak-arakan ada di Lahat, ada yang dengan penari dan ada juga yang tidak dengan penari atau hanya rebana saja. (Minggu, 27 Oktober 2019)

Salah satu kelompok arak-arakan di Lahat adalah arak-arakan Gang Bangsal, yang beralamat di Kelurahan Talang Jawa Utara Lahat. Kelompok arak-arakan ini di kelola oleh Memeh dan kawan-kawan, yang menampilkan para penabuh rebana dan para penari dengan gerakan yang berkreasi.

Seperti pada hari ini, kelompok arak-arakan Gang Bangsal Talang Jawa Utara tampil mengiringi mempelai pengantin atas nama Eko Mardianto, S.Pd dan Yulia Trisnawati, S.Pd berjalan menuju singgah sana pelaminan bak raja dan ratu sehari.

Menurut Selvi Oktariani, salah seorang warga Gang Bangsal Talang Jawa Utara, mengatakan “Arak-arakan Gang Bangsal ini sering sekali dipanggil untuk mengiringi setiap acara hajatan, karena memang para penarinya tampil kompak, selain itu berkolaborasi antara orang dewasa dan anak anak” jelasnya.

Sementara menurut Sherly Aprilisa, menambahkan “Anak-anak di sini yang ikut bergabung dengan arak-arakan sudah berlatih semua gerakan, sehingga bisa kompak dan seragam dengan gerakan orang dewasa. Kalau ada warga manapun yang ingin mengundang arak-arakan Gang Bangsal dalam acara nya, bisa datang ke Gang Bangsal Kelurahan Talang Jawa Utara Lahat” tuturnya.

(Masdoel LO)

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
PULAU PINANG - GUMAY ULU - GUMAY TALANG - LAHAT SELATAN
KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT
TANJUNG SAKTI PUMU - TANJUNG SAKTI PUMI

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater