SEKOLAH DI LAHAT HARUS MAMPU MENDIDIK SISWA BERMASALAH

Guru harus mampu mendetiksi problem siswa dan harus mampu memotivasi dan memberi solosi

Jumat, 25-Oktober-2019, 13:05


LAHAT – Mantan Kepala SMP AL KAUTSAR lahat Drs.H.Ahmad Subardi Akbar mengatakan bahwa sekolah adalah lembaga pendidikan formal yang memiliki tujuan mulia untuk menghasilkan lulusan yang berkualitas dan bermoral sebagai generasi penerus bangsa.

Ketika dibincangi dikediamannya (25/10/2019) Subardi mengatakan bahwa untuk menuju sekolah yang berkualitas tentu harus memiliki daya dukung yang kuat dan memadai, katanya.

Daya dukung tersebut berupa Inprastruktur, alat belajar, guru yang yang memiliki kompetensi handal, program belajar mengajar, serta tata tertib sekolah yang baik.

Menyangkut tata tertib sekolah tidak saja menyangkut tata tertib siswa lebih dari itu tata tertib gurupun harus ada, karna tingkat disiplin guru akan sangat menentukan keberhasilan proses belajar mengajar, katanya.

Selanjutnya Subardi mengatakan bahwa setiap sekolah sering terdapat siswa bermasalah dan melanggar tata tertib sekolah, disitulah bentuk uji kemampuan guru dalam mendidik bagaimana anak yang bermasalah dapat terdidik dengan baik dan sempurna, katanya.

Untuk mengatasi siswa yang bermasalah maka diwajibkan adanya kerjasama antara sekolah dan wali murid secara berkesinambungan , sebab sekolah adalah lembaga pendididikan pormal sementara rumah tangga adalah pendidikan informal, katanya.

Kemudian peran guru bimbingan dan penyuluhan ( guru BP ) sangatlah penting, sebab siswa memiliki problem yang berbeda, dengan demikian guru BP lah yang harus mampu meberikan motivasi dan solosi bagi siswa bermalah, katanya.

Dengan demikian jika jumlah siswa disuatu sekolah jumlahnya banyak maka tidaklah cukup oleh satu orang guru BP, oleh karna itu sekolah harus menambah dengan jumlah yang memadai, katanya.( DEAS).

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
PULAU PINANG - GUMAY ULU - GUMAY TALANG - LAHAT SELATAN
KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT
TANJUNG SAKTI PUMU - TANJUNG SAKTI PUMI

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater