AKSES JALAN MENUJU DESA KEBAN JAYA LINTASI SUNGAI

Minggu, 20-Oktober-2019, 18:10


LAHATONLINE, Keban Jaya – Akses jalan menuju Desa keban Jaya Kecamatan Kikim Selatan memang sungguh memprihatinkan. Warga yang akan keluar ataupun masuk ke Desa Keban  Jaya harus bertarung nyawa untuk dapat sampai ke tujuan.

Kondisi jalan berbatu bercampur tanah menjadi pemandangan yang pilu. Mirisnya sungai yang seharusnya ada jembatan penghubung tidak ada, warga harus menyebarang sungai untuk dapat melanjutkan perjalanannya.

“Ya, beginilah penderitaan kami jika ingin keluar ataupun pulang ke desa. Kami harus menyeberangi Sungai Air Pangi. karena tidak ada jembatan,” ujar salah seorang warga keban jaya, ali, Minggu (20/10).

Dikatakan ali warga terpaksa melintasi arus yang dalam keadaan surut setinggi betis orang dewasa. Baik itu berjalan kaki atupun menggunakan kendaraan roda dua ataupun roda empat, semua harus melewati sungai ini. Jika air sedang meluap, warga terpaksa menunggu dan tak jarang menginap di rumah keluarganya dulu sembari menunggu air surut.

“Ada jalan lain, lewat Desa Beringin jaya Tapi jauh dan akses jembatannya belum selesai dan jalannya juga rusak parah,” ucap ali

Kepala Desa Keban Jaya Mukti mengatakan, dirinya kasihan kepada pelajar yang ada di desanya. Karena di desanya hanya ada SD, maka untuk ke SMA semua harus pulang pergi melalui sungai ini. Sehingga sangat berisiko terhadap keselamatan pelajar. “Kalau musim penghujan dan sungai meluap terpaksa tidak sekolah. Sungai besar dan tidak bisa dilalui,” imbuhnya.

Penderitaan 170 Kepala Keluarga (KK) yang tinggal menetap di Desa Keban Jaya, kata Mukti belum akan berakhir jika Pemkab Lahat belum membangun akses jalan dengan baik Warganya yang mayoritas bekerja sebagai petani ini juga mengalami kesulitan saat akan menjual hasil pertanian atau perkebunannya. Mereka terpaksa menjual hasil pertanian dan perkebunan dengan harga murah kepada para tengkulak yang datang. Pangkasnya (Ar3).

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
PULAU PINANG - GUMAY ULU - GUMAY TALANG - LAHAT SELATAN
KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT
TANJUNG SAKTI PUMU - TANJUNG SAKTI PUMI

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater