Luar Biasa !!! Agar Dana Desa Aman, Forum Kades Kikim Timur Diduga Sokongan 2 Juta per Kades

Untuk di Berikan ke Pejabat dan Dinas Terkait

Minggu, 20-Oktober-2019, 18:42


LAHAT ONLINE, SENDAWAR – Agar proses penerapan dana desa aman dan tak bermasalah, Forum Kepala Desa (Kades) Kecamatan Kikim Timur di duga menyalahgunakan dana desa dengan modus memberikan jatah ke pejabat dan dinas terkait.

Berdasarkan info yang berhasil di dapat, hampir seluruh Kades dari 32 desa yang ada di Kecamatan Kikim Timur memberikan uang sejumlah 2 juta ke Forum Kades dan dari hasil patungan tersebut, terkumpul uang sejumlah hampir 60 juta, untuk nantinya oleh Ketua Forum Kades di bagikan ke Camat, Kapolsek, Danramil, Pemerintah Kecamatan, Dinas PMD, Tipikor, Inspektorat dan Jaksa.

Saat di konfirmasi pada Selasa (10 Seftember 2019), Ketua Forum Kades Kikim Timur, Herman Suyanto membantah hal tersebut. Menurutnya, tidak ada sokongan dari para Kades untuk diberikan ke nama nama yang di sebut di atas. “Tidak ada, itu salah, yang biasa kita pinta itu 200 per desa, sukarela untuk keperluan forum,” ujarnya.

Kendati demikian, perkataan Ketua Forum Kades Kikim Timur tersebut berbanding terbalik dengan pengakuan beberapa kades. Salah satu Kades di Kecamatan Kikim Timur mengakui bahwa dirinya ikut membayar 2 juta tersebut.

“Aku ikut sokongan tapi aku tidak tau untuk apa uang itu. Yang jelas aku nyumbang, masalah untuk apa uang itu terserah, karena kita forum mengambil kekompakan,” ujar Kades yang enggan disebutkan namanya tersebut.

Dari daftar penerima uang patungan 2 juta perdesa tersebut, hampir semua membantah bahwa pihaknya menerima uang tersebut. Salah satunya dari pihak Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Lahat.

“2 juta itu tidak tau menau kami, aku rasa Pak Fauzan juga tidak menerimanya, olehnya kami tidak tau patungan 2 juta buat apa terus pembagian pembagian untuk apa,” ujar Kepala Bidang (Kabid) Keuangan dan Aset Desa Dinas PMD, Elsye Hartuti SSTP MM, Selasa (15/10/2019)

Dari hasil investigasi media Lahat Online pada Jumat (11 Oktober 2019) diperoleh dari salah satu Kades di Kikim Timur (dari group WA forum kades), yang minta dilindungi namanya, diperlihatkan (berupa poto di WA) secarik kertas bertuliskan pembagian uang serta pos pos pembagian, Camat Kikim Timur mendapat 10 juta, Polsek dan Koramil 3 Juta, Pemerintah Kecamatan 2.5 juta, Dinas PMD 16 juta, Tipikor 5 juta, Inspektorat 8 juta dan Jaksa 7.5 juta.

Jika hal tersebut benar adanya, pantas penerapan dana desa di Kikim Timur terkesan asal asalan, dimana sebagian besar desa tidak memasang papan informasi. Bahkan Ketua Forum Kades sendiri tidak menerapkan dana desa di tahap II.

BACA : https://lahatonline.com/197281-jatah-dana-desa-pebroni-akui-terima-uang-10-juta.html

Dan jika nama nama yang tertera di atas membantah mendapatkan uang dari Forum Kades Kikim Timur, ada kemungkinan uang tersebut tidak diberikan, meskipun ada yang mengakui bahwa dirinya menerima uang tersebut.

Abdullah warga Kikim Timur, mengatakan “Semoga pihak terkait dapat menindak lanjuti informasi yang beredar ini dengan cara memerisaka secara khusus desa desa yang ada di Kecamatan Kikim Timur, agar Kecamatan lain tak melakukan hal serupa” katanya pada Lahat Online, Minggu (20/10/2019).

(Ir22)

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

MERAPI BARAT - Kamis, 13-Juni-2024 - 19:14

Pemdes Merapi Bagikan BLT Kepada 27 KPM 

selengkapnya..

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
PULAU PINANG - GUMAY ULU - GUMAY TALANG - LAHAT SELATAN
KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT
TANJUNG SAKTI PUMU - TANJUNG SAKTI PUMI

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater