KETUA JARANAN TJS BERHARAP PEMERINTAH PERHATIKAN KESENIAN JARANAN DI LAHAT

"TOLONG ADAKAN LOMBA SENI JARANAN"

Sabtu, 19-Oktober-2019, 22:11


Lahat – Kesenian Jaranan atau Kuda Lumping merupakan kesenian tradisional yang memainkan alat musing seperti kenong, gong, dan lainnya dengan para penari yang seirama serta menaiki kuda-kudaan. Di Kabupaten Lahat banyak berkembang kesenian tradisional jaranan dimana kelompok tersebut biasanya disebut paguyuban jaranan atau kuda lumping. (Sabtu, 19 Oktober 2019)

Dari sekian banyak kesenian jaranan di Kabupaten Lahat mayoritas dari mereka bersifat independen atau berdiri sendiri tanpa bantuan dan berusaha hidup memajukan kesenian mereka dengan tampil pada acara-acara tertentu.

Kesenian jaranan begitu mengharapkan perhatian dari pemerintah Kabupaten Lahat dengan memberikan bantuan seperti alat, seragam, maupun bantuan lainnya atau setidaknya perhatian dalam bentuk event, sangat diharapkan adanya lomba kesenian yang diadakan oleh pemerinta Kabupaten Lahat, khususnya Bupati Lahat, Cik Ujang, SH. sebagai bentuk perhatian kepada kesenian yang satu ini.

Seperti yang di Keluhkan oleh, Sriyono, Pemilik sekaligus Ketua Kesenian Jaranan Tronggo Joyo Saputro (TJS) yang beralamat di Desa Pagar Sari Dusun II Kec. Lahat. Saat dikonfirmasi Lahat Online, Sriyono mengatakan “Kami mengharapkan pemerintah lebih memperhatikan Kesenian Jaranan yang ada di Kabupaten Lahat. Karena masyarakat Lahat banyak yang suka dengan adanya Jaranan, kalau bisa pemerintah kasih bantuan lah buat seni jaranan di Kabupaten Lahat, khususnya Jaranan kami Turonggo Joyo Saputro” ujar Sriyono.

Lebih lanjut, Sriyono mengatakan kepada media Lahat Online “Sebagai wujud keseriusan dan kekompakan kami bisa menyatu dengan jaranan lain dan bisa saling membantu dengan jaranan lain, seperti kesenian jaranan dari Muara Enim dan Tanjung Enim. Jadi, kalau bisa pak tolong sampaikan ke pemerintah, tolong di bantu jaranan yang ada di Lahat, atau setidaknya adakan lomba buat jaranan di Kabupaten Lahat, pasti antusiasme masyarakat banyak yang suka” pungkasnya.

(Masdoel LO)

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
PULAU PINANG - GUMAY ULU - GUMAY TALANG - LAHAT SELATAN
KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT
TANJUNG SAKTI PUMU - TANJUNG SAKTI PUMI

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater