Suluh Hukum Kanwil Kemenkumham di SMPN 5 Lahat

Kamis, 10-Oktober-2019, 19:06


Lahat – Pagi ini, Kamis (10/10), bertempat di mushola SMPN 5 Lahat. Penyuluh hukum ahli madya dari Kantor Wilayah (Kanwil) Kementrian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Provinsi Sum-Sel yang teridiri dari Asnedi, Junaedi, Ahmad Fuad, dan Dian Merdiansyah mengadakan penyuluhan edukatif dengan para siswa.

Adapun pembahasan dalam penyuluhan tersebut adalah tentang bagaimana pengenalan tahapan-tahapan untuk menuju Sekolah Sadar Hukum. Terjadi juga interaksi menarik dalam sesi tanya jawab antara siswa dan pemateri selama kegiatan berlangsung.

Kriteria Sekolah Sadar Hukum sendiri meliputi:
1. Bebas dari Narkotika dan obat-obatan terlarang
2. Tidak ada tawuran
3. Tidak ada pungutan liar
4. Tidak ada perbuatan menjiplak atau menyontek atau plagiat
5. Tidak ada bullying
6. Ketaatan terhadap peraturan lalu lintas
7. Tingginya kesadaran terhadap kebersihan dan pelestarian lingkungan

Saat dimintai tanggapannya, Kepala SMPN 5 Lahat Suparjo melalui Wakasis Sulmin, mengapresiasi kegiatan yang dinilainya sangat bermanfaat ini.

“Pastinya kita sangat mengapresiasi kegiatan ini. Karena bermanfaat juga membantu memberikan pendidikan dengan siswa yang berkaitan dengan hukum. Kita berharap dengan kejadian ini keluarga SMPN 5 dapat terhindar dari jerat hukum. Ke depan kita akan evaluasi yang sudah lalu sesuai dengan 7 kriteria sekolah sadar hukum,” ucapnya.

SMPN 5 sendiri memiliki potensi untuk memenuhi kriteria tersebut. Dengan itu layak dan telah diusulkan untuk menjadi salah satu Sekolah Sadar Hukum di Kabupaten Lahat.

Selain di SMPN 5, tim Kanwil Kemenkumham Provinsi Sumatera-Selatan juga akan menyambangi SMAN 2 Lahat, SMPN 2 Lahat, SMA Unggul Negeri 4 Lahat, Lapas kelas IIA Lahat, dan meninjau penerima manfaat LBH.

(Aan LO)

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
PULAU PINANG - GUMAY ULU - GUMAY TALANG - LAHAT SELATAN
KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT
TANJUNG SAKTI PUMU - TANJUNG SAKTI PUMI

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater