PUSKESMAS JARAI SOSIALISASIKAN BELKAGA CEGAH KAKI GAJAH

Jumat, 4-Oktober-2019, 19:52


LAHAT ONLINE, SADAN – Puskesmas Jarai mendatangi masyarakat Desa Sadan Kecamatan Jarai untuk mensosialisasikan Bulan Eliminasi Kaki Gajah (Belkaga) yang jatuh pada Oktober setiap tahun. Pihaknya mengajak masyarakat meminum Pil kako gajah guna pencegahan.

Kepala Puskesmas Jarai dr Icah Paramitri mengatakan, Belkaga tersebut merupakan bukan untuk memberantas penyakit kaki gajah. Icah menuturkan, kaki gajah merupakan salah satu penyakit berbahaya yang harus dihindari peredarannya.

“Oktober ini Belkaga, jadi kami ingatkan masyarakat agar minun pil kaki gajah. Hal itu untuk pencegahan, agar tidak terjangkit penyakit tersebut,” kata dia, Jumat (04/10).

Sementara itu, Rasnili Am Kep pengelola program Belkaga Puskesmas Jarai mengaku, penyebaran kaki gajah dapat begitu cepat, lantaran disebarkan melalui nyamuk.

“Penyakit kaki gajah atau disebut lymphatic filariasis disebabkan oleh cacing Filariodidea yang menginfeksi kelenjar getah bening. Cacing ini masuk ke tubuh manusia dengan perantara nyamuk. Nyamuk yang telah menghisap darah penderita kaki gajah, akan menyebarkan cacing tersebut ke tubuh orang lain melalui gigitannya, sehingga cacing Filariodidea dapat berkembang biak dan menyebabkan penyebab kaki gajah,” ujarnya.

Lanjut Rasnili, penderita kaki gajah akan terlihat dari pembengkakan bagian tubuh yang terinfeksi.

“Penderita akan mengalami pembengkakan bagian tubuh, bisa di dada, tangan kaki dan lain sebagainya. Maka, untuk pencegahan, minumlah obat kaki gajah yang dapat diperoleh dari Puskesmas Jarai,” tutur dia. (rpw).

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
PULAU PINANG - GUMAY ULU - GUMAY TALANG - LAHAT SELATAN
KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT
TANJUNG SAKTI PUMU - TANJUNG SAKTI PUMI

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater