HUT TNI-74, Kodim 0405 Lahat Laksanakan Program Penghijauan di SMPIT Ikhlas Cendekia Lahat

Jumat, 4-Oktober-2019, 12:18


Tanjung Payang – Dalam rangka menyambut HUT TNI ke 74, Kodim 0405 Lahat mengadakan program reboisasi dengan melakukan penanaman pohon di SMP Islam Terpadu Ikhlas Cendekia (SMPIT IC), Tanjung Payang, Lahat Selatan. Kegiatan ini bertujuan agar bagaimana masyarakat, khususnya pelajar menyadari akan pentingnya pohon dan penghijauan alam. Jumat (04/10/2019).

Kegiatan ini diawali dengan acara pembukaan di Masjid SMPIT IC dengan dibuka langsung oleh Dandim 0405 Lahat Letkol (kav) Sungudi, S.H dengan diwakili Perwira Seksi Teritorial (Pasiter) Kodim 0405 Lahat, Kapten Infantri Sudarno. Turut hadir dalam kegiatan ini Camat Lahat Selatan H. Budi Utama, Kepala Yayasan Al-Ikhlas M. Hadori, S.K.M, Kepala SMPIT IC Umi Sakdiyah, M. Pd, Perwakilan Dinas Lingkungan Hidup, Ketua Forum Komunikasi Putra-Putri Purnawirawan TNI/Polri Indonesia (FKPPI) Dodi Nasuha, anggota Kodim 0405, dan dewan guru beserta pelajar SMPIT IC.

Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan penanaman pohon di lahan yang sebelumnya telah disediakan di lahan. Sebanyak 80 pohon ditanam di SMPIT IC sebagai lokasi pertama dari program penghijauan Kodim 0405.

Dalam sesi wawancara Pasiter Kodim 0405, Kapten Infantri Sudarno mengatakan bahwa program edukatif ini juga bertujuan untuk penyelamatan lingkungan.

“Dalam rangka HUT TNI ke 74 kita dari Kodim 0405 Lahat melakukan kegiatan reboisasi untuk menjaga kelestarian lingkungan. Dengan menjadikan sekolah sebagai lokasi pertama kita, harapannya generasi muda dapat menyadari akan pentingnya penghijauan dan menjaga lingkungan yang asri,” ucapnya.

Camat Lahat Selatan Budi Utama menambahkan bahwa dirinya selaku pemangku pemerintahan di Kecamatan Lahat Selatan sangat mengapresiasi kegiatan ini.

“Terutama Desa Tanjung Payang sendiri sudah terlihat mulai berkembang dalam sektor pemukiman. Jadi khususnya pihak sekolah diharapkan dapat menciptakan dan menjaga sumber air. Juga dapat melakukan pengelolaan dan pengelompokan sampah yang organik dan non organik. Semoga ke depan sekolah ini dapat membuat Bank Sampah. Selanjutnya kita juga berharap kegiatan ini juga berlanjut ke sekolah lain juga,” ungkapnya.

Hadori, SKM selaku Ketua Yayasan Al Ikhlas yang menaungi SMPIT IC mengatakan sangat menyambut baik program yang diadakan Kodim 0405 Lahat.

“Sejak 14 abad silam Rasulullah mengajarkan kepada pasukannya agar saat berperang lindungi ibu-ibu dan anak-anak serta jangan menebang pohon. Dari sana kita sudah diajarkan tentang bagaimana mencintai dan melestarikan lingkungan. Acara ini sungguh luar biasa. Semoga sinergitas Kodim dan Yayasan Al Ikhlas berlanjut dalam kegiatan lain,” ujarnya.

Sementara itu Ketua FKPPI Dodi Nasuha mengaku turut memberikan apresiasi dengan adanya kegiatan ini.

“Kita selaku masyarakat sangat menyambut baik program yang sangat bermanfaat ini. Dengan penghijauan dalam bentuk penanaman pohon bukan hanya bermanfaat untuk kita sendiri. Namun, akan turut dirasakan manfaatnya oleh anak cucu kita kelak,” terangnya.

Dalam penanaman pohon turut disertai oleh para Siswa SMPIT IC. Mereka turut menyimak dengan antusias tatkala pihak Kodim memberikan penyuluhan cara menanam dan perawatan.

(Aan LO)

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
PULAU PINANG - GUMAY ULU - GUMAY TALANG - LAHAT SELATAN
KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT
TANJUNG SAKTI PUMU - TANJUNG SAKTI PUMI

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater