LEMATANG, SUNGAIKU SAYANG SUNGAIKU MALANG

Senin, 30-September-2019, 19:36


Lahat – Sungai Lematang merupakan salah satu ikon Kabupaten Lahat di antara ikon ikon lainnya seperti Bukit Serelo (Bukit Jempol), Jembatan Benteng, dan masih banyak lagi. Sungai Lematang juga menjadi salah satu sungai terpanjang di Sumatera Selatan selain Sungai Musi. Kalau Kota Palembang punya Sungai Musi, Kabupaten Lahat punya Sungai Lematang. (30/09/2019)

Aliran deras Sungai Lematang tidak hanya menjadi sumber air dan menjadi pemandian masyarakat Kabupaten Lahat, namun juga menjadi tempat pencaharian bagi sebagian warga yang tinggal di sekitar bantaran Sungai Lematang, mulai dari mencari ikan sampai mengumpulkan batu dan pasir untuk kemudian dijual.

Namun saat ini hal tersebut sebagian menemui kendala berarti. Kemarau panjang membuat aliran Sungai Lematang menjadi surut bahkan di beberapa titik bisa diseberangi hanya dengan berjalan kaki. Ini tentu memprihatinkan bagi masyarakat Lahat, khususnya bagi masyarakat yang saat ini mengalami kekeringan. “Sungaiku Sayang, Sungaiku Malang”, begitu kata beberapa masyarakat yang tinggal di sekitar aliran Sungai Lematang.

Ali Rasidi, Salah satu warga yang tinggal di sekitar bantaran Sungai Lematang mengatakan “Kami cukup prihatin dengan keadaan Sungai Lematang saat ini berbeda dengan dulu saat alirannya masih deras, namun apa yang bisa kita lakukan, ini semua atas kehendak Allah, kita sebagai manusia mesti terus bersyukur atas nikmat Tuhan” jelasnya.

(Masdoel LO)

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
PULAU PINANG - GUMAY ULU - GUMAY TALANG - LAHAT SELATAN
KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT
TANJUNG SAKTI PUMU - TANJUNG SAKTI PUMI

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater