JALANKAN PISPK, PUSKESMAS JARAI DOOR TO DOOR KERUMAH WARGA

Senin, 23-September-2019, 23:42


LAHAT ONLINE, GUNUNG MEGANG – Puskesmas Jarai melaksanakan pendataan kesehatan yang dilakukan secara Door to door. Program tersebut merupakan program yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup manusia Indonesia.

Kepala UPT Puskesmas Jarai dr Icah Paramitri mengatakan, program tersebut bernama Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga (PISPK), yakni pendekatan secara langsung melalui kuisoner yang ditanyakan kepada masing masing keluarga.

“Kali ini kami melaksanakan PISPK di Desa Gunung Megang dan Serambi, namun totalnya ada 21 desa se Kecamatan Jarai, yang harus didatangi masing masing rumah kepala keluarga,” kata dia, Senin (23/09).

Sementara itu, Ketua PISPK Puskesmas Jarai Rasnili Am Kep menuturkan, program tersebut menjadi program utama pembangunan kesehatan yang dilaksanakan secara keseluruhan. Pada pelaksanaannya, di Kecamatan Jarai harus menyesuaikan jadwal para penduduk.

“Rencana Kementrian Kesehatan terhadap PISPK ini, akan menjadi rencana strategis kesehatan sepanjang tahun 2015 – 2019, dasarnya yakni keputusan Menteri Kesehatan RI Nomor HK.02.02/Menkes/52/2015. Kami melaksanakan harus bertemu dengan keluarga, jadi harus menyesuaikan jadwal penduduk, karena mayoritas masyarakat di Kecamatan Jarai bekerja sebagai petani,” ujar dia.

Terpisah, Kades Gunung Megang Hepi Hajarol Akbar mengaku senang, karena dengan adanya program itu, masyarakat dapat terdata kesehatannya.

“Dengan begitu, setiap masyarakat akan diketahui berdasarkan kesehatan masing masing keluarga. Menurut saya, program ini bagus dan bermanfaat,” ungkap dia. (rpw).

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
PULAU PINANG - GUMAY ULU - GUMAY TALANG - LAHAT SELATAN
KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT
TANJUNG SAKTI PUMU - TANJUNG SAKTI PUMI

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater