MENJELANG IDUL ADHA PEMBELI MASIH TERBILANG SEPI

Selasa, 23-Juli-2019, 14:56


LAHATONLINE,Muara Danau,-Menjelang Idul Adha yang tinggal menyisakan 18 hari lagi, namun terlihat masyarakat untuk membeli hewan kurban ke penjual ternak masih sepi.

Seperti yang dialami penjual kambing di Desa Murray Danau Kecamatan Kikim Timur, amin (50) ia mempersiapkan untuk menyambut Idul Adha kambing-kambing yang bagus. Dan kalau permintaan tinggi pihaknya siap menambah kambing yang sudah ada.

Sementara itu untuk harga pasaran kambing yang siap untuk kurban mencapai Rp2 juta hingga Rp3 juta per ekor, dan juga kambing yang dijual tersebut merupakan kambing lokal.

“Biasanya di sini sudah banyak yang membeli menjelang 18 hari lagi sebelum hari lebaran Idul Adha,” kata amin kepada LahatOnline, Selasa (23/7).

Terpisah Peternak Kambing di Kecamatan Kikim Barat, adi (46) juga mengalami hal yang sama. Menurutnya, sepi pembeli kemungkinan karena calon pembeli yang masih membandingkan harga hewan kurban dengan pedagang lain.

Sementara kambing yang dijual sudah memenuhi syarat hewan kurban, baik kondisi kesehatan dan syarat kurban lainnya. Sedangkan penjualan hewan kurban tidak seramai tahun lalu, bahkan pembeli banyak yang membeli 2-3 ekor. Sementara pembeli rumah tangga rata-rata satu ekor.

“Saya mengakui bahwa pekan ini belum menjadi puncaknya penjualan hewan kurban. Puncak pembelian hewan kurban adalah pada H-3 menjelang lebaran,” kata adi.

Menurut adi, saat ini orang masih sibuk. Nanti jika dekat hari H orang baru pada repot ngurusin kurban. Selain itu, dalam penjualannya, ia tidak mengambil keuntungan yang besar. Sebab tidak semua kambing yang dia jajakan adalah miliknya, melainkan milik rekan dan kerabatnya.

“Modal tenaga saja. Yang lain dimodalin sama teman atau saudara,” jelasnya (Ar3Lo)

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
PULAU PINANG - GUMAY ULU - GUMAY TALANG - LAHAT SELATAN
KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT
TANJUNG SAKTI PUMU - TANJUNG SAKTI PUMI

MERAPI BARAT - Kamis, 13-Juni-2024 - 19:14

Pemdes Merapi Bagikan BLT Kepada 27 KPM 

selengkapnya..

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater