Dinkes Lahat Berikan Tips Makanan Sehat Usai Santap Lebaran

Senin, 10-Juni-2019, 12:37


Lahat – Perayaan Idulfitri di Indonesia selalu diwarnai dengan hidangan-hidangan khas seperti opor ayam, rendang, sambal goreng kentang, gulai dan ada pula yang memberikan variasi dengan  tongseng.

Momen setahun sekali dimanfaatkan untuk menyantap hampir semua jenis makanan tersebut. Anggapannya, kalau bukan sekarang, apa harus menunggu tahun depan?

Kandungan lemak pada santan atau makanan lain dikhawatirkan bisa memicu kenaikan kadar kolesterol dalam darah. Jika sudah begini, orang akan diintai dengan aneka penyakit seperti penyakit kardiovaskular dan kolesterol. Oleh karena itu, orang perlu mengonsumsi makanan lain sebagai padanan sekaligus pencegah kenaikan kolesterol.

Selain itu, setelah lebaran dan kembali bekerja, tubuh akan mengalami sedikit gangguan. Saat puasa biasanya kita bangun terlalu pagi dan mengantuk di saat sore. Selain itu tubuh juga kerap lemas karena jarang sekali digerakkan selama lebaran dan puasa. Selanjutnya kondisi pencernaan juga kerap mengalami masalah karena kita sering sekali makan sesuatu yang berlemak dan juga pedas. Terakhir, masalah yang selalu muncul pasca lebaran adalah berat badan yang naik dan lapisan lemak yang meningkat.

Berikut merupakan tips-tips mengonsumsi makanan sehat pasca Lebaran supaya tubuh kembali sehat dari Kepala Dinas Kesehatan Lahat dr. H. Rasidi Amri MT, MKM melalui Kasi Kesehatan Keluarga dan Gizi, Agustia Ningsih, SKM, MKM. Senin (10/06/2019).

1. Konsumsi buah-buahan yang mengandung serat dan vitamin C. Karena dapat mengembalikan keadaan tubuh dan membantu pembuangan racun. Contohnya buah apel. Baik dinikmati secara langsung mau pun dibuat jus.

2. Konsumsi sayuran hijau.
Anda boleh tidak makan nasi dan hanya makan sayur saja hingga kenyang. Untuk membantu tubuh memperbaiki kondisi dan pengeluaran racun di saluran pencernaan berjalan lancar.

3. Konsumsi Yogurt.
Agar lambung lebih sehat dan terhindar dari gangguan pencernaan.

4. Mengganti Nasi Putih.
Bisa mengonsumsi nasi merah sebagai pengganti nasi putih karena merupakan makanan sehat yang memberikan perasaan kenyang lebih lama dan mudah dicerna oleh lambung.

5. Minum Air Putih yang Cukup
Minimal dalam sehari habis air putih sebanyak 2 liter atau 8 gelas. Karena dengan minum air putih, sisa kotoran yang ada di dalam saluran pencernaan akan larut dan kondisi tubuh akan segar seperti sedia kala.

Jangan lupa berolahraga yang rutin. Selamat mencoba!

(Aan LO)

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
PULAU PINANG - GUMAY ULU - GUMAY TALANG - LAHAT SELATAN
KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT
TANJUNG SAKTI PUMU - TANJUNG SAKTI PUMI

LAHAT - Selasa, 16-Juli-2024 - 20:08

SMK Negeri 1 Lahat Laksanakan MPLS 

selengkapnya..

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater