HARGA KEBUTUHAN MENINGKAT DI BULAN PUASA PETANI SAWIT GIGIT JARI

Selasa, 7-Mei-2019, 14:38


MUARA DANAU -Petani kelapa sawit di Kabupaten Lahat khususnya di Kecamatan Kikim Timur mengeluhkan harga jual di tingkat pengepul yang anjlok memasuki bulan suci ramdhan.

Wawan, salah satu petani kelapa sawit di Desa muara danau kecamatan kikim timur mengatakan, sekarang ini harga sawit di tingkat petani anjlok. “Kemarin saja kami menjual sawit cuma Rp850 perkilonya,” kata wawan, Selasa (7/5).

Harga tersebut tentu sangat berbanding terbalik dengan kondisi harga kebutuhan sehari – hari yang di pasar.

“Kami sangat berharap adanya kestabilan harga, antara hasil petani dengan harga sembako. Sebab kalau seperti ini bisa tidak makan anak istri apalagi ini bulan suci ramadhan tentu saja kebutuhannya bisa lebih banyak dibanding hari biasa,” ucapnya.

Sementara itu Budi, pengepul kelapa sawit di kecamatan Kikim Timur membenarkan adanya penurunan harga beli sawit di tingkat petani.

“Sejak seminggu terakhir ini memang terjadi penurunan terus menerus sebulan yang lalu harga sawit kami beli dari petani Rp1.100 perkil. Namun sekarang kami beli untuk sawit ukuran kecil Rp850 sedangkan ukuran besar Rp900,” tuturnya.

Ditanya mengenai apa yang menjadi penyebab harga turun tersebut. Dirinya tidak mengetahui secara pasti namun yang jelas setiap gudang tempatnya menjual sawit harganya sama

Dengan menurunnya harga tersebut petani jadi banyak yang enggan untuk memanen. “Sekarang ini petani yang menjual hasil kebunnya sepi. Kami berharap agar segera distabilkan biar daya jual para petani kembali meningkat,” tukasnya (Ap/LO)

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

MERAPI BARAT - Kamis, 13-Juni-2024 - 19:14

Pemdes Merapi Bagikan BLT Kepada 27 KPM 

selengkapnya..

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
PULAU PINANG - GUMAY ULU - GUMAY TALANG - LAHAT SELATAN
KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT
TANJUNG SAKTI PUMU - TANJUNG SAKTI PUMI

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater