CAMAT MERAPI BARAT, REDAM AKSI MASYARAKAT 3 DESA DI PT. BSS

Senin, 21-Januari-2019, 16:01


MERAPI BARAT – Bertempat  Worhsop PT. Bina Sarana Sukses (PT. BSS) desa Muara Maung kec Merapi barat Kabupaten lahat, hari ini telah berlangsung aksi unjuk rasa dari masyarakat Muara maung Merapi dan keban agung terhadap PT BSS.

Aksi damai yang dilakukan oleh masyarakat di 3 desa tersebut sebelumnya sudah melayangkan surag resmi, dari kordinator Aksi sdr. NOPRIANSYAH ke Koramil 405-02 / Merapi  pada tanggal 16 Januari 2019 perihal pemberitahuan rencana aksi unjuk rasa damai.

Dimana Pelaksanaan aksi di mulai pada Hari Senin tanggal 21 Januari 2019,  jam 08.00 wib, dengan Lokasi tujuan aksi bertempat di workshop dan area kerja PT. Bina Sarana Sukses (PT. BSS) dengan Titik kumpul massa di RM. Jogja Desa Muara Maung Kec. Merapi Barat Kab. Lahat  kemudian  bergerak konvoi menggunakan Kendaraan R4 dan R2 menuju ke workshop dan area kerja PT. Bina Sarana Sukses (PT. BSS).

Diketahui bahwa, Aksi damai di kordinatori oleh NOPRIANSYAH, DADANG HERIADI, MAHARUDIN dan di tanggung jawapi oleh: SAHWAN, MARLIN dan  HERU TRI PANDOYO, S.H dengan membawa sejumlah lebih kurang 60 orang massa menggunakan kendaraan roda dua dan roda empat.

Saat terpantau awak media, Dadang selaku salah satu kordinator aksi nyampaikan bahwa tuntutan yang akan di ajukan oleh masyarakat adalah meminta jatah kuota tenaga kerja masyarakat Muara Maung, Masyarakat Telatang dan Masyarakat Keban Agung.

“Kami.masyarakat,
1.Meminta kepada PT. BSS agar dapat membuka informasi seluas luasnya kepada masyarakat mengenai rekrutmen karyawan,

2. Meminta kepada PT. BSS dalam melakukan rekrutmen secara terbuka tanpa adanya interpensi maupum intimidasi dari pihak manapun,

3. Meminta kepada PT. BSS agar dapat memberikam informasi yang jelas, Meminta kepada PT. BSS agar dapat memberikan prioritas kepada masyarakat Muara Maung, Telatang, Merapi dan Keban Agung. Intinya kami yang terkena dampak lingkungan secara langsung (ring 1) berijazah maupun tidak berijazah, kami ingin bekerja sesuai kemampuan dan skil masing masing.

5). Apabila tidak ada titik temu atau kesepakatan antara PT. BSS dengan Masyarakat maka kami selaku masyarakat yang dirugikan menyatakan menolak secara adat keberadaan PT. BSS di wilayah Desa Telatang, Muara Maung, Merapi dan Keban Agung”, ungkapnya.

Seusai membacakan Tuntutan, Pihak perusahaan PT. BSS mengajak perwakilan Aksi untuk mengadakan rapat mediasi dimana pada rapat tersebut dihadiri oleh Camat Merapi Barat, Kapolsek Merapi Barat, Kanit Binmas Polsek Merapi Barat, Kanit Sabhara Polsek Merapi Barat, Kasi Humas Polsek Merapi, Danramil 405-02 Merapi  dengan personil (sepuluh) personil Anggota Polsek Merapi Barat,  Anggota Koramil dan Intel Kodim 0405/Lahat bpk. Horas pihak PT. BSS.

Pada Rapat Mediasi, Camat Merapi Barat Eti Listiana dalam sambutannya mengatakan, “Mari kita duduk bersama dalam penyampaian tuntutan dan hadirkan Kepala Desa biar ada keputusan hasil, Saya berharap masalah ini ada pertemuan dulu di Desa nya dan menghadirkan unsur tripika

Jadi, silakan Sampaikan lah tuntutan masyarakat kepada perusahaan selama itu benar dan adil, Buatkan data kuota khusus yang skill dan non skill supaya warga berkompetensi dalam ikut tes karyawan tersebut”
Ujarnya.

Jadi, sambung Camat Merapi Barat, ” Saya selaku pemerintah di kecamatam merapi barat meminta kepada pihak perusahaan untuk memberikan kesempatan yang di pinta masyarakat sesuai kapasitas yang ada”. ungkapnya.

Sementata itu Kapolsek Merapi Barat AKP. Herli Setiawan, S.H.,M.H dalam sambutannya Menyarakan agar peserta aksi melaksanakan tuntutan dengan tertib dan aman.

“Masalah penerimaan karyawan bahwa aturan dan kebijakan dari perusahaan PT. BSS melalui 1 pintu yaitu melalui Kepala Desa Masing masing, mari kita selesaiakan masalah ini dengan cara musyawarakan yang mufakat dan cari solusi yang adil dan terbuka.

Disisi lain, kami berharap supaya perusahaan harus mendengarkan tuntutan dari masyarakat apabila tuntutan itu benar dan adil, kami dari kepolisian hanya menengahi dan menjaga keamanan jangan sampai ada tindakan yang melawan hukum dalam penyampaian pendapat dan tuntutan”. Katanya.

Horas dari pihak PT. BSS dalam sambutan nya mengatakan bahwa Pihak PT. BSS tetap melalui 1 pintu yaitu melalui kades masing masing Desa dalam penerimaan karyawan, apabila ada yang ingin masukkah pelamaran melalui rekomendasi Kades.

“kalau ada lowong pekerjaan kami pihak PT. BSS selalu ada informasi dari masing-masing Desa melalui kepala Desa, untuk training masih dalam pembahasan perusahaan karna belum ada keputusan dari pusat, kami lebih senang yang bekerja di perusahaan ini adalah masyarakat lokal setempat”. Pungkasnya.

 

Terpantau, pada rapat mediasi, akhirnya sudah memutus Hasil rapat diataranya :

– Pihak PT. Bina Sarana Sukses (PT. BSS) akan mengajukan ke pihak atasan dalam masalah Training dan akan segera di usahakan di adakan training bagi yang tidak ada skill.

– Pihak PT. Bina Sarana Sukses (PT. BSS) akan
Menginformasikan rekrutmen karyawan akan di perpanjang diinfokan dan ditempel langsung oleh pihak PT. Bina Sarana Sukses (PT. BSS) ke masing-masing Desa ring 1, silahkan warga berkompetensi dalam mengikuti tes karyawan PT. Bina Sarana Sukses (PT. BSS).

– Pihak PT. Bina Sarana Sukses (PT. BSS) Akan menyusun secepatnya jumlah kuota penerimaan di Desa nya masing-masing.

– Pihak Perusahaan PT. Bina Sarana Sukses (PT. BSS) akan membuat jadwal pertemuan mengundang dan mengumpulkan Kepala Desa untuk diundang di kantor Kecamatan setempat menyelesaikan masalah rekrutmen karyawan di Pihak PT. Bina Sarana Sukses (PT. BSS).

– Rapat menunggu hasil kesepakatan kan dilanjutkan kembali pada hari senin tanggal 28 Januari 2019 . (ALI/FR/YTI)

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN

LAHAT - Selasa, 27-Februari-2024 - 18:44

SDN 5 Lahat Boyong Piala FLS2N 

selengkapnya..

PULAU PINANG - GUMAY ULU - GUMAY TALANG - LAHAT SELATAN
KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT
TANJUNG SAKTI PUMU - TANJUNG SAKTI PUMI

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater