MEKAR JAYA TANPA CAHAYA LISTRIK

Minggu, 21-Oktober-2018, 19:29


MEKAR JAYA – Listrik masih menjadi barang yang langka bagi desa Mekar jaya. Sebab, selama belasan tahun tinggal dan mendiami daerah tersebut, hingga kini belum juga teraliri aliran listrik.

Tepat pukul 17.55 matahari mulai tenggelam. Desa Mekar Jaya Kecamatan Kikim Barat gelap gulita. Tidak ada lampu rumah yang menyala, yang ada hanya cahaya lilin dan lampu genset yang menyala jika ada minyak untuk menghidupkannya.

Salah satunya rumah Ropik (46) Kondisi ini, sudah dijalani Ropik dan warga lainnya selama beberapa tahun. Bagi mereka, listrik memang merupakan barang langka. Maklum, akses ke desa mekar jaya cukup sulit. Medan jalannya berbatu dan menanjak. Jarak antara jalan raya dengan perkampungan pun jauh, sekitar tiga kilometer (km) masuk hutan.

“Listrik PLN sekarang hanya sampai dikecamatan empat Lawang saja. Kalau kita sudah beda kecamatan untuk di kabupaten lahat ia desa kamilah yang dikatakan desa tertinggal dan belum ada penerangan,” katanya.Minggu (21/10)

Karena tidak mendapatkan fasilitas listrik, warga kerap merasa terpinggirkan. Terlebih, saat melihat desa desa lain telah mendapat jatah listrik secara lancar. Sementara di desa mekar jaya mereka bertahun-tahun gelap gulita.

Kepala Desa Bambang Susanto menuturkan bahwa permukiman warga di desa mekar jaya memang belum tersentuh listrik, namun hanya Lampung gengset untuk penerang rumah warga. “ kami sangat mengharapkan pemerintah untuk meyaluran listrik kedesa kami kalau tidak tahun ke tahun pasti masyarakat banyak meninggalkan desa dan berpindah tempat karna kondisi wilayah desa sangat memperhatikan dan sampai sekarang belum ada lagi tindak lanjut untuk pemasangan tiang listrik dam kabel,” tuturnya. (Ical LO)

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT DALAM POTRET

MULAK ULU - Minggu, 14-April-2024 - 09:00

PENOMENA MISTIS TEBAT BESAK LAWANG AGUNG

selengkapnya..

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
PULAU PINANG - GUMAY ULU - GUMAY TALANG - LAHAT SELATAN
KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT
TANJUNG SAKTI PUMU - TANJUNG SAKTI PUMI

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater