MENJELANG IDUL ADHA, DIHIMBAU BERHATI HATI BELI DAGING HEWAN QURBAN

Sabtu, 4-Agustus-2018, 23:00


LAHAT – Menjelang Hari Raya Idul Adha, permintaan hewan qurban dan daging jenis sapi dan kambing biasanya meningkat. Oleh sebab itu, masyarakat diimbau agar hati-hati dalam membeli daging atau hewan qurban. Sabtu (5/8).

Diungkapkan Kabid Kesehatan Hewan, Ir Nursiwan, bahwa untuk konsumsi daging bagi masyarakat Lahat hingga saat ini hanya mencapai 4,6 kg per hari, dari jumlah standar 7,6 kg perhari. Dari tiga tempat potong hewan (TPH) yang ada, pihaknya melalui Kir Master rutin melakukan pengawasan. Mulai dari kesehatan hewan, hingga proses pemotongan.

“Sepanjang kita memeriksa tidak ada temuan ( Sapi gelonggongan ),” ujarnya, ketika dihubungi via telepon, Sabtu (4/82018) sembari menambahkan dari kebutuhan sapi saja kita kurang, sehari paling hanya empat ekor sapi.

Sementara itu, untuk membedakan daging gelonggongan dipasar, biasanya daging sapi tidak digantung. Sebab, apabila digantung air akan menetes, karena aapi gelonggongan biasanya dicekoki air pada saat akan disembelih. Otomatis sapi tidak akan sehat dan sapi tidak akan bisa berdiri.

“Masyarakat harusla pintar dalam membeli. Pencet saja dagingnya, kalau keluar air itu tandanya ( Daging Gelonggongan ),” kata Kasi Kesmavet, Drh Astin Tri Saputra.

Disisi lain, Ketua MUI Kabupaten Lahat, Drs H Zulkiah Kohar mengatakan pihaknya sangat menyayangkan jika ada oknum yang melakukan hal seperti itu. Dirinya meminta masyarakat agar lebih selektif dan cerdas memilih hewan, terlebih untuk diqurbankan di Hari Raya.

“Kami sangat mengutuk tindakan yang jelas menyalahi aturan ini. Bukan hanya membahayakan bagi yang mengkonsumsinya, jelas hewan juga akan tersiksa,” ujarnya dengan geram. (ALI)

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
PULAU PINANG - GUMAY ULU - GUMAY TALANG - LAHAT SELATAN
KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT
TANJUNG SAKTI PUMU - TANJUNG SAKTI PUMI

LAHAT - Selasa, 27-Februari-2024 - 18:44

SDN 5 Lahat Boyong Piala FLS2N 

selengkapnya..

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater