Putri Menggendong Anak di Desa Air Lingkar Butuh Perhatian

Sabtu, 27-Juli-2019, 19:57


Lahat Online, Air Lingkar – Siapa sangka, ternyata di Desa Air Lingkar Kecamatan Pagar Gunung menyimpan banyak potensi wisata. Selain wisata air terjun, desa ini juga memiliki situs megalith dari peradaban zaman dahulu.

Untuk megalith sendiri, di Desa Air Lingkar terdapat berbagai jenis. Seperti Arca Manusia, 4 buah Lumpang Batu, dan Tetralith.

Khusus megalith Arca Manusia yang berbentuk seorang wanita yang menggendong anaknya dinamakan masyarakat desa dengan nama Batu Putri.

Untuk menuju lokasi Batu Putri sendiri hanya dibutuhkan waktu 5 menit dengan menggunakan kendaraan roda 2. Namun, jika anda ingin sekalian melihat pemandangan bernuansa perkebunan bisa dengan berjalan kaki selama 20 menit.

Sayangnya, untuk akses menuju ke lokasi masih kurang diperhatikan. Setelah dari jalan setapak, tidak ada plang penunjuk arah dan rerumputan menjulang menghalangi langkah dan pemandangan. Termasuk perawatan untuk Batu Putri sendiri yang masih jauh dari terjaga.

Salah seorang anggota Karang Taruna Desa Air Lingkar, Rio, berharap campur tangan dari pemerintah atau dinas terkait untuk menghidupkan cagar budaya di desa mereka.

“Memang selama ini belum tersentuh baik oleh pemerintah maupun badan arkeolog. Kita berharap dengan adanya perhatian khusus Desa Air Lingkar menjadi salah satu destinasi wisata di Kabupaten Lahat. Namun, ke depan secara swadaya kami akan bersihkan lokasi ini,” ungkap Rio. Sabtu (27/07/2019).

Sementara itu Tokoh Wisata yang juga ketua Komunitas Paronamic of Lahat, Mario Andramartik, yang pada hari ini meninjau lokasi Arca Megalith Batu Putri berharap Kabupaten Lahat memiliki seorang Arkeolog.

“Dengan adanya Megalith yang sampai belum terjamah, Kabupaten Lahat perlu adanya seorang Arkeolog. Begitu juga dengan Juru Pelihara Cagar Budaya besrta tim ahli Cagar Budaya yang dapat menjaga kelestarian Cagar Budaya di Kabupaten Lahat,” ucap Mario Andramartik.

Selain di lokasi Batu Putri, hari ini Mario bersama tim juga bergerak hingga menemukan satu Lumpang Batu baru setelah sebelumnya ada 3 ditemuinya. Selain itu ada pula barisan megalith yang disebutnya Tetralith.

(Aan LO)

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
PULAU PINANG - GUMAY ULU - GUMAY TALANG - LAHAT SELATAN
KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT
TANJUNG SAKTI PUMU - TANJUNG SAKTI PUMI

MULAK ULU - Jumat, 16-Februari-2024 - 21:44

Gardu Tower Muara Tiga Dilalap Sijago Merah

selengkapnya..

LAHAT - Rabu, 14-Februari-2024 - 15:40

Diduga Satu ASN Tidak Jaga Netralitas 

selengkapnya..

LAHAT - Selasa, 13-Februari-2024 - 19:49

SMP Negeri 1 Lahat, Siap PPDB Online 

selengkapnya..

LAHAT - Selasa, 13-Februari-2024 - 17:02

Lapas Lahat Terima Logistik Pemilu 2024 

selengkapnya..

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater