MEKAR JAYA DESA TERTINGGAL DI UJUNG KECAMATAN KIKIM BARAT

Senin, 1-Juli-2019, 17:40


MEGAN JAYA- Begining kondisi desa yang berada di garis perbatasan antara kabupaten lahat Dan empat lawang.

Masyarakat desanya kebanyakan bermata pencarian sebagai petani yang mendapatkan hasil kurang Dari untuk memenuhi kebutuhan hidup Hari hari. Masyarakat yang berdomisi sebanyak 50 orang Kepala keluarga.

Kepala desa Mekar jaya Bambang susanto menuturkan wilayah desa mekar jaya terletak di ujung kecamatan kikim barat dan luas wilyahnya pun cukup luas karna sangat berdekata dengan kebun kelapa sawit milik perusahaan, tapi luas wilyah kikim barat sekarang tak seluas dulu dikarnakan banyak lahan warga dirampas oleh pihak perusahan.

” Inilah kondisi di desa mekar jaya rumah warga pun tak terlalu banyak hanya beralasakan lantai semen seadanya dan dinding papan yang sudah lapuk, ketika malam hari masyarakat hanya mengunakan lampu gengset tapi alhamdulilah pada tahun ini baru masuk listrik ke desa mekar jaya”ungkapnya Senior(1/7).

Tambahnya masyarakat desa kebanyakan bermata pencarian serabutan hanya sebagai petani dan kondisi desa pun kalau dulu sangat rawan atas tidak kriminal tapi alhamdulilah sekarang ini sudah bengangsur mengurang.

” Sebagi pemerintah desa kami sangat berharap semoga desa tercinta ini bisa lebih maju dan sejahtra dan sama dengan desa desa lainya yang ada di kikim barat khsusnya “pangkasnya.

Senada denga rusdi mengatakan kondisi desa mekar jaya jauh dari ke majuan dengan jalan menuju desa sangat sulit di lalui dan masyarakat desa pun tak punya mata pencarian yang tetap.

” Kalau sekarang ini masyarakat masih meperjuangkan lahan warga yang di rebut oleh pihak perusahan yang dimana sudah banyak terdapat pohon kelapa sawit yang di tanam di atas wilayah desa mekar jaya, dan semoga tanah terse but dapat diambil kembali ke tangan warga agar masyarakat mempunyai tempat untuk bertani dan berladang” nantinya.
( AR)

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
LAHAT SELATAN - GUMAY ULU - PULAU PINANG - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT - KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI
TANJUNG SAKTI PUMI - PUMU - JARAI - PAJAR BULAN - SUKA MERINDU - MUARA PAYANG
GUMAY TALANG - PSEKSU - KIKIM TIMUR - KIKIM SELATAN - KIKIM BARAT - KIKIM TENGAH

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater