SIANG HARI, SATU RUMAH WARGA TERBAKAR

Sumber Api Belum Diketahui

Sabtu, 29-Juni-2019, 16:12


BANGKE – Tak bersisa itulah kondisi rumah milik orang tua Toni warga dusum 3 Bangke kecamtan Kota Agung. Terbakarnya rumah ini belum diketahui secara pasti penyebabnya.

Karena siang tadi warga setempat kaget dengan kejadian kebakaran rumah warga yang tiba – tiba, menurut perkiraan, api berasal dari bagian dapur rumah panggung ini.

Derasnya angin, cuaca yang cukup panas, membuat api kian cepat membakar rumah warga tersebut, kobaran api bermula sekitar pukul 13.00 Wib dan baru dapat di padamkan warga setelah berjibaku dengan kesulitan air hampir 1 jam kemudian.

Untuk memadamkanya, warga hanya mengandalkan alat seadaanya dengan sumber air berasal dari penampungan mereka (Tedmon).

Gunawan, Kepala desa Bangke kepada pewarta tak bisa menjelaskan secara pasti, dia hanya dikabari warga bahwa ada kebakaran disalah satu rumah didusun 3 desanya.

“Usai dapat kabar, saya langsung kontak dengan Camat, Polsek dan diteruskan ke Pihak Satpol PP dan Damkar kabupaten Lahat. Upaya pertama yang kami lakukan adalah penyelamatan dan pemadaman,” katanya dilokasi, Sabtu (29/6).

Satu rumah kini hanya menyisakan puin – puing, untungnya kejadian yang begitu cepat tak memakan korban jiwa, tetapi harta benda milik korban tak bisa diselamatan.

Rumah Suprian yang bersebelahan, nyaris terbakar juga, bagian sisi rumah telah banyak yang terbakar terutama bagian kusen telah menghitam.

Bukan hanya itu, warga harus menyelamatan barang yang berada didalam rumah ini, sejumlah harta harus dipindahkan ke rumah tetangga.

Setelah api mulai padam, warga mendapat bantuan dari mobil Damkar, walau hanya dengan usaha terakhir berupa pendingingan.

Camat Kota Agung Pukatul Hadi, yang terjun ke sana menerangkan, kabar kebakaran rumah warga ink didapat saat dia menghadiri hajatan dalah satu staf kantor camat.

“Upaya kita adalah koordinasi dengan pihak Damkar, walau dengan perjalan yang jauh, kita harus mengapresiasi respon mereka. Dalam waktu kurang lebih 1 jam perjalan dari Lahat mereka tiba dilokasi,” terangnya.

Dari penelusuran perwarta, rumah yang berada di tempat lapang kian memudahkan api menghabiskan kontruksi rumah kayu ini. Sejumlah tanaman yang berada disekitar kejadian menjadi layu tanda bahwa api yang membakar sangat besar.

“Memang sangat besar api tersebut, mau tak mau segala cara dan upaya, kami lakukan untuk menjinakan kobarannya,” tambah salah satu warga di sekitar kejadian.

Api mulai mereda sekitar pukul 14.00 Wib, bersamaan dengan pemadaman oleh tim Damkar Lahat, dibantu oleh warga.(*)

Rep : Indi | Red : Indi

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
LAHAT SELATAN - GUMAY ULU - PULAU PINANG - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT - KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI
TANJUNG SAKTI PUMI - PUMU - JARAI - PAJAR BULAN - SUKA MERINDU - MUARA PAYANG
GUMAY TALANG - PSEKSU - KIKIM TIMUR - KIKIM SELATAN - KIKIM BARAT - KIKIM TENGAH

LAHAT - Kamis, 01-Desember-2022 - 23:54

Kapolda Sumsel Kungker ke Polres Lahat 

selengkapnya..

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater