Putri Renayu Berhati Batu Penguasa di 17 Kabupaten-Kota

Senin, 24-Juni-2019, 18:37


Lahat – Seorang putri dari seorang penguasa dari sebuah desa di Kecamatan Merapi Barat, memiliki kecantikan sangat tersohor di 8 penjuru mata angin. Banyak para penguasa dan pendekar berminat meminangnya. Termasuk sang legenda Si Pahit Lidah.

Sayangnya, si putri memiliki sifat buruk. Ia angkuh, sombong, merasa berkuasa dengan kekayaan yang dimilikinya. Hingga kesombongan itu berbuah kemalangan, saat penolakannya kepada si Pahit Lidah berujung kutukan menjadi batu.

Seperti itulah garis besar naskah penyabet tiga piala dalam Festival Sriwijaya XXVIII kategori Theater Daerah. Naskah yang ditulis oleh salah seorang penggiat seni Kabupaten Lahat, Hendry Remussa ini berhasil meraih penghargaan sebagai Naskah Terbaik 1, Kelompok Theater terbaik 3, dan Pemeran Theater Terbaik 1.

Menariknya, naskah ini ditulis oleh Hendry Remussa, dan diperbantukan oleh teman theaternya, hanya dikejar dalam waktu 2 minggu menjelang pelaksanaan event.

“Ide pembuatan naskah ini berawal dari keinginan menciptakan cerita dari sebuah situs megalith di salah satu desa di Kecamatan Merapi Barat. Setelah melakukan obrolan dan melakukan pendalaman karakter, terciptalah naskah ini,” ungkap Hendry Remussa saat dibincangi di kediamannya. Senin (24/06/2019).

Tidak disangka oleh sang penggubah, naskah ini bisa menjadi terbaik pertama pada event Festival Sriwijaya XXVIII di Palembang. Dengan menjadi yang terbaik dari peserta yang berasal dari 17 Kabupaten-Kota di Sumatera-Selatan.

Hendry Remussa yang kini sudah berusia 60 tahunan, berharap ke depan dirinya bisa menularkan ilmunya ke regenerasi penerus. Baik dari Theater, Seni Suara, mau pun Seni rupa.

“Aku berharap ke depan bisa masuk melalui dinas terkait untuk lebih mengenalkan kesenian daerah ke generasi muda. Agar ada bibit-bibit muda yang bisa menjadi penjaga kelestarian budaya daerah,” ungkapnya penuh harap.

Pria mantan ASN di Pemerintahan Kabupaten Lahat ini juga mengatakan, saat ini apa yang dilakukan oleh pihak Dinas Pariwisata sudah cukup bagus. Baik itu dari pembinaan talenta mau pun penggalakkan event kesenian daerah.

(Aan LO)

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

MULAK ULU - Kamis, 01-Desember-2022 - 12:23

CAMAT MULAK ULU RAKOR BERSAMA POL-PP DESA 

selengkapnya..

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
LAHAT SELATAN - GUMAY ULU - PULAU PINANG - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT - KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI
TANJUNG SAKTI PUMI - PUMU - JARAI - PAJAR BULAN - SUKA MERINDU - MUARA PAYANG
GUMAY TALANG - PSEKSU - KIKIM TIMUR - KIKIM SELATAN - KIKIM BARAT - KIKIM TENGAH

KIKIM TIMUR - Rabu, 30-November-2022 - 21:24

POLSEK KIKIM TIMUR SOSIALISASI SABER PUNGLI

selengkapnya..

LAHAT - Rabu, 30-November-2022 - 18:30

selengkapnya..

MULAK ULU - Rabu, 30-November-2022 - 11:29

CAMAT ELSYE TERIMA TIM DISPERIKAN LAHAT

selengkapnya..

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater