JENGKOL BANTU KEBUTUHAN MASYARAKAT JAGABAYA

Wednesday, 29-May-2019, 15:27


JAGA BAYA – Harga buah jengkol Kabau di sejumlah pasar tradisional daerah Kikim Area Kabupaten Lahat, Sumatera Selatan, saat ini tergolong tinggi, mencapai Rp16.000 per kilogram.
“Sekarang ini harga buah jengkol jenis Kabau di pasar tradisional naik dibandingkan kondisi beberapa pekan sebelumnya kisaran Rp10.000 per kg,” kata Ahmad Joyo (41), salah seorang pedagang dan toke, Rabu (29/5)

Ia menjelaskan, tingginya harga buah jengkol jenis kabau tersebut karena musim panen hampir usai, sehingga pasokan barang ke pasaran mulai berkurang. Ia menyebutkan, harga buah yang mempunyai bau khas itu terbilang mahal lantaran kurangnya pasokan dari para petani, sementara permintaan pasar terus meningkat.
“Untuk di wilayah kikim area saja, pasokan buah jengkol dari para petani mulai berkurang, sehingga harus memasok dari kabupaten tetangga yang masih tersedia cukup banyak,” katanya.

Dikatakannya, jika kondisi dua pekan lalu pasokan jengkol dari para petani rata-rata sekitar tujuh kuintal hingga satu ton lebih per hari, sekarang ini sebanyak lima kuintal saja per hari susah.

.
andi salah satu toke menuturkan, selain menjual di asar buah jengkol itu juga ia pasarkan ke Kota Palembang, Jambi dan Lampung. Menurut dia, para pedagang pengumpul tersebut mereka datang ke sini. Sementara untuk menghindari kerugian, dirinya menyiasati menyediakan beberapa barang lain yang nilai ekonomisnya tak kalah lebih baik, seperti petai, tempoyak, dan kabau.

“, kurangnya pasokan buah jengkol, karena merupakan komoditas musiman berbuah setahun sekali, juga disebabkan faktor cuaca saat ini yang tak menentu oleh karna itu komoditas jengkol terbilang mahal ” unjarnya (Ap/Lo)

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
LAHAT SELATAN - GUMAY ULU - PULAU PINANG - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT - KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI

KOTA AGUNG - Monday, 28-November-2022 - 19:53

selengkapnya..

TANJUNG SAKTI PUMI - PUMU - JARAI - PAJAR BULAN - SUKA MERINDU - MUARA PAYANG
GUMAY TALANG - PSEKSU - KIKIM TIMUR - KIKIM SELATAN - KIKIM BARAT - KIKIM TENGAH

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater