MASJID ABA KHAIR TAJUNG KURUNG BERIKAN KEINDAHAN TERSENDIRI

Selasa, 14-Mei-2019, 13:10


TAJUNG KURUNG – Masjid yang berdiri megah ditanah wakaf salah satu warga dengan Luasa satu hektar lebih dangan mengahadap perbukitan yang sangat indah dipadang mata, untuk itu salah satu Putra daerah berinisiatif membangun masjid di desa Tajung kurung yang bernama Prof Dr. Mahyudin, NS. Spog yang merupakan salah satu putra daerah yang pernah menjabat Gubenur Sementara sumatara selatan dalam kesempatan itu.

Kepala desa Tajung kurung Kasmin Winarno saat dibincangi mengatakan bahwa dulunya sebenarnya desa kita ini berda didekat derah padan arang karna terjadi banjir besar membauat warga banyak Pindah kewilayah yang lebih tinggi dan saat itulah pembangunan masjid pertama dibangun ditengah tengah desa tetapi dengan kondisi masjid lumayan kecil, Maka Prof Dr Mahayudi berinisiatif memindahkan masjid di Ujung desa yang tanahnya merupakan pematang dengan ketinggian yang lumayan dan disekeliling bangunan masjid kita bisa melihat keindahan bukit bukit barisan tersa didepan mata.

” pembangunan masjid ini sekitar Tahun 2010- 2011 dengan lokasi tanah milik warga desa tajung kurung yang diwakafkan dan Prof Dr. Mahyudi Ns. SPOg. Sebagai dinatur dana dalam pembangunan sampai selesai dengan Luas Bangunan Masjid 16 x 24 persegi. Dan diberi nama Masjid Aba Khair dengan arti Bapak kebaikan.” Tuturnya pada LahatOnline, Selasa(14/5)

Tambah kepala desa tajung Kurung Kasmin Winarno menuturkan mengapa diberinama Aba Khair karna pendiri masjid ini pernah dinobatkankan sebagai keluarga Besar Arab saudi yang diberinama Aba Khair, dengan pengilan itulah untuk mengingat maka Prof Dr. Mahyudin meberikan nama itu pada masjdi yang dibangun didesa kelahirannya ini sendiri.Pangkasnya.

Lebih lanjut salah satu setempat rudi mengatakan masjid ini sering dikunjungi muda mudi dan orang datangan karna lokasi masjid tepat di atas pemematang yang disekitarnya kita bisa leluasa melihat pemadangan bukit barisaan yang sangat indah.

” dari pelataran masjid kita bisa melihat desa tetangga dan melihat sawah yang terbentang luas dan masjid ini selain sebagai tempat beribadah sering anak anak muda mengabadikan sebuah foto karna lantar pemadangannya sangat indah” ungkapnya (Ap/Lo)

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
LAHAT SELATAN - GUMAY ULU - PULAU PINANG - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT - KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI
TANJUNG SAKTI PUMI - PUMU - JARAI - PAJAR BULAN - SUKA MERINDU - MUARA PAYANG
GUMAY TALANG - PSEKSU - KIKIM TIMUR - KIKIM SELATAN - KIKIM BARAT - KIKIM TENGAH

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater