KPU DAN BAWASLU  LAHAT DIMINTA TERBUKA SOAL TRANSPARANSI ANGGARAN PEMILU

Friday, 10-May-2019, 09:35


LAHAT – Front Anak Bangsa Menggugat (FRABAM) Lahat mentuntut transparansi dan akuntabilitas anggaran pemilu baik di Komisi Pemilihan Umum (KPUD)  Kabupaten Lahat maupun di Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Lahat.

Koordinator FRABAM Lahat  Pirdaus Alamsyah , mengatakan, FRABAM mencermati pengelolaan anggaran Pemilu oleh Bawaslu dan KPU Kabupaten Lahat yang belum efektif. Untuk itu, FRABAM Lahat  merekomendasikan agar KPU dan Bawaslu terbuka kepada publik terkait transparansi dan akuntabilitas proses penyelenggaraan Pemilu 2019.

“Keterbukaan itu adalah kewajiban, maka dari itu KPU dan Bawaslu harus terbuka kepada publik sesuai dengan UU KIP dan segera membentuk panitia untuk melayani permintaan informasi dari masyarakat terkait dengan penyelenggaraan Pemilu 2019. Selain itu anggaran sosialisasi dan pelaksanaan pemilu harus transparan, akuntabel dan bersih dari kepentingan politik dan korupsi. Kami juga mendorong Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) untuk melakukan audit investigatif dalam penggunaan anggaran Pemilu oleh KPUD Lahat  dan Bawaslu Kabupaten Lahat,” ujarnya dibincangi dikantornya, Komplek Permata Indah Bandar Agung, Jumat  (10/5/2019).

Ditambahkan, menyikapi pemborosan anggaran oleh Bawaslu dan KPUD Lahat , Badan Akuntabilitas Keuangan Negara (BAKN) juga harus mengevaluasi audit penggunaan anggaran Pemilukada  tahun 2018 serta mengawasi penggunaan anggaran Pemilu 2019 agar lebih fisien.

Untuk diketahui biaya penyelenggaraan pemilu 2019 dinilai berbagai pihak masih tinggi. Dalam rapat pembahasan RAPBN 2018, Komisi II menyetujui anggaran pemilu untuk KPU Lahat  sebesar Rp 43 milyar  dan untuk Bawaslu sebesar Rp 3,milyar lebih.

Pirdaus  meyayangkan dengan anggaran yang cukup besar tersebut, pengelolaan anggaran Pemilu oleh KPU dan Bawaslu dianggap tidak transparan dan akuntabel.

(Aan LO)

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
LAHAT SELATAN - GUMAY ULU - PULAU PINANG - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT - KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI
TANJUNG SAKTI PUMI - PUMU - JARAI - PAJAR BULAN - SUKA MERINDU - MUARA PAYANG
GUMAY TALANG - PSEKSU - KIKIM TIMUR - KIKIM SELATAN - KIKIM BARAT - KIKIM TENGAH

KOTA AGUNG - Monday, 28-November-2022 - 19:53

selengkapnya..

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater