BUMDes MAJU BERSAMA SINGAPURE GARAP UNIT EKONOMI PRODUKTIF

Peluncuan Produk Unit Usaha BUMDEs

Rabu, 19-September-2018, 20:43


SINGAPURE – Menjadikan BUMDes sebagai ikon ekonomi produktif di desa menjadi terget dari pemerintah desa Singapure kecamatan Kota Agung. Sejak terbentuk dan telah memiliki legalitas usahanya, kini pengembangan BUMDes terus dilakukan.

Seperti yang dilakukan oleh pihak pengelolah BUMDes Maju Bersama, Rabu (19/9), bertempat di gedung serbaguna desa yang juga kantor pengelolah BUMDEs ini dilakukan peluncuran unit usaha UKM berbasis kemasyarakat.

Acara yang dihadiri oleh Camat Kota Agung, Pahtaul Hadi diwakili Kasi P3mdes, Kisman dan jajarannya, Pendamping dan fasilitator desa, sejumlah undangan dan masyarakat desa. Kegiatan yang diharapakan menjadi pelopor BUMDEs di kecamatan Kota Agung sengaja dilakukan guna memancing geliat BUMDes di kecamatan ini.

Menariknya, saat acara tersebut dilakukan juga penyerahan bantuan pinjaman modal bagi kelompok Simpan Pinjam Perempuan (SPP), secara simbolis sebagai salah satu kontribusi unit usaha BUMdes untuk kiat mengairahkan kegitan ekonomi produktif dikalangan ibu-ibu.

Selain itu, diluncurkan juga beberapa produk UKM warga yang diharapkan dapat mejadi sebuah produk unggulan yang dapat mengangkat perekoniman secara bertahap. Untuk produk UKM ada 2 macam yang saat ini telah diproduksi, masing-masing produk Kopi bubuk yang menjadi khasan daerah Besemah serta produk Beras Sehat yag tak lain adalah hasil produksi warga desa.

Ketika dikonfirmasi mengapa kedua produk ini menjadi pilihan? Kades Singapure, Arsito Hasan mengungkapkan, karena secara materinya produk beras kemasan lokal telah ada dan bisa menjadi potensi kedepannya.

“Bahan kita tak perlu mencari keluar, sekitar banyak areal persawahan yang menjadi garapan warga kita. Jadi kita pilih yang bisa langsung bersentuhan dengan masyarakat, artinya mereka langsung kita berdayakan untuk mendukung unit usaha BUMDes,” ungkapnya.

Kemudian kenapa produk lain adalah Kopi Bubuk dalam kemasan? Hal ini tak lain sebagai bagian dari menjadikan bubuk Kopi khas daerah ini menjadi primadona. Menurut Arsito, mereka mengambil hitungan kecil saja, berapa banyak konsumsi Kopi bubuk yang beredar, belum lagi kalau ada warga mereka yang pulang kampung.

“Ini bisa jadi peluang, minimal untuk oleh-oleh (buah tangan), terus kabar ini pasti akan tersebut, artinya banyak efek positif dari apa yang telah coba kita mulai. Kalau orang lain bisa kok kita tidak? Potensi dan dukungan kita telah punya, tinggal bagaimana menajemennya dan mengembangkan,” katanya.

Untuk pengembangan jangka panjang, produk olah BUMDes Maju Bersama ini juga mulai lirik oleh salah satu Bank daerah (Bank Sumselbabel), terbukti hadirnya perwakilan Bank ini saat peluncuran SPP dan produk lainya.

Sedangkan Pengelolah BUMDes Maju Bersama, Ridi Wansyah, S.Kom menambahkan, apa yang mereka lakukan kali ini tak lain karena spirit dan inspirasi saat mereka melakukan study banding ke pulai Bali beberapa waktu lalu.

“Ada banyak hal yang memberikan kita semangat untuk mengairahkan kegiatan BUMDEs di desa kita. Kalau pengelolaannya benar dan baik, akan banyak manfaat dan imbas positif bagi desa kita secara Umum,” terangnya kepada pewarta.

Yang lain dan telah mulai digarap oleh BUMDes adalah saprotan, hal ini beralasan mengaingat kebutuhan akan sarana ini banyak dibutukan warga. Profesi mayoritas warga sebagai petani tentu memberikan kesempatan yang luas dalam mengarapnya.

“Tahap awal kita masih terus menginvetarisir produk apa yang paling banyak dibutuhkan, beberapa memang telah kita siapkan, tetapi kalau memang produk atau barang itu butuh kerjasama dengan rekanan tentu harus kita lakukan analisa dan kalkulasinya,” ujarnya.

Apa yang mereka lakukan adalah bukti bahwa desa bisa memulai ekonomi produktif dengan fasilitasi BUMDes, karena keuntungan tak akan didapat secara instan, semua butuh proses dan usaha. (Indi Sirani)

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
LAHAT SELATAN - GUMAY ULU - PULAU PINANG - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT - KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI
TANJUNG SAKTI PUMI - PUMU - JARAI - PAJAR BULAN - SUKA MERINDU - MUARA PAYANG

KIKIM TIMUR - Kamis, 08-Desember-2022 - 15:36

selengkapnya..

GUMAY TALANG - PSEKSU - KIKIM TIMUR - KIKIM SELATAN - KIKIM BARAT - KIKIM TENGAH

MULAK SEBINGKAI - Rabu, 07-Desember-2022 - 22:24

BEREM JALAN BADRUN MULAK SEBINGKAI LONGSOR

selengkapnya..

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater