PT. SUPREME (SERD) TANJAK SUMUR PENGEMBANGAN RD-I3 RANTAU DEDAP

Sabtu, 4-Agustus-2018, 23:59


LAHAT – PT Supreme Energy Rantau Dedap (SERD) meresmikan Proyek Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) Rantau Dedap tahap I dengan optimalisasi kapasitasnya 4 mencapai 90,9 MW (nett) dari rencana semula 86 MW (nett). Ditandai dengan penajakan sumur pengembangan RD-I3 di wilayah kerja panas bumi Rantau Dedap, yang terletak di Kabupaten Lahat, Kabupaten Muara Enim dan Kota Pagar Alam, Provinsi Sumatera Selatan.

Acara ini dibuka oleh Direktur Utama SERD dan dihadiri oleh Pejabat Pemerintah Kabupaten Lahat, Kabupaten Muara Enim, Pemerintah Kota Pagar Alam, Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan, Perwakilan dari PT PLN (Persero), dan Dirjen. Energi Baru Terbarukan & Konservasi Energi (EBTKE) beserta para pejabat dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM). 

Supramu Santosa, President dan CEO Supreme Energy mengatakan bahwa hal ini merupakan bentuk dari upaya yang konsisten dan komitmen yang kuat dari Supreme Energy dalam mengembangkan sumber daya panas bumi di Indonesia, yang dapat berperan penting dalam rencana Pemerintah Indonesia untuk meningkatkan porsi energi baru terbarukan (EBT) dalam skala nasional, untuk mencapai ketahanan energi yang berkelanjutan.“ 
Tahap pengembangan adalah serangkaian kegiatan yang mehputi pengeboran sumur produksi dan sumur injeksi, pembangunan pembangkit Iistrik dan fasihtas pendukungnya untuk produksi Iistrik dari sumber daya panas bumi.

Selama tahun 2012 hingga 2016, SERD telah berhasil menyelesaikan pengeboran enam sumur eksplorasi. Pada tahap pengembangan ini, SERD berencana untuk mengebor 16 sumur yang terdiri empat 14 sumur produksi, dan dua sumur injeksi. Pada akhir 2018, SERD menargetkan untuk menyelesaikan empat 4 sumur. 

Disaat yang bersamaan, pembangkit Iistrik dan fasilitas pendukungnya sedang dibangun dan diharapkan selesai pada pertengahan tahun 2020. Produksi Iistrik dari PLTP Rantau Dedap ini akan dikirim ke PT PLN (Persero) berdasarkan Perjanjian Jual Beli Listrik selama tiga puluh 30 tahun.

Pembangunan pembangkit Iistrik dan fasilitas pendukungnya dilakukan oleh konsorsium PT Rekayasa Industri dan Fuji Electric Co. Turbin dan generator akan disuplai oleh Fuji Electric.  SERD telah menandatangani perjanjian pinjaman dengan Japan Bank for International Cooperation (JBIC), Asian Development Bank (ADB), Nippon Export and Investment Insurance (NEXI) dan beberapa bank komersial internasional (Mizuho Bank, Ltd., Mitsubishi UFJ Financial Group, Sumitomo Mitsui Banking Corporation) pada 23 Maret 2018.

Total investasi untuk mengembangkan proyek ini mencapai 700 juta dollar Amerika Serikat.  Proyek Rantau Dedap membantu membuka daerah-daerah yang terpencil di Provinsi Sumatra Selatan, menyediakan kesempatan kerja bagi sekitar 1.200 orang serta memberikan peluang bagi bisnis lokal selama masa konstruksi. Listrik bebas emisi C02 yang dihasilkan oleh pembangkit ini akan dapat menyediakan listrik untuk sekkar 130.000 rumah tangga.(GUS)

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

KIKIM TIMUR - Rabu, 30-November-2022 - 21:24

POLSEK KIKIM TIMUR SOSIALISASI SABER PUNGLI

selengkapnya..

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT - Rabu, 30-November-2022 - 18:30

selengkapnya..

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
LAHAT SELATAN - GUMAY ULU - PULAU PINANG - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT - KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI
TANJUNG SAKTI PUMI - PUMU - JARAI - PAJAR BULAN - SUKA MERINDU - MUARA PAYANG
GUMAY TALANG - PSEKSU - KIKIM TIMUR - KIKIM SELATAN - KIKIM BARAT - KIKIM TENGAH

MULAK ULU - Rabu, 30-November-2022 - 11:29

CAMAT ELSYE TERIMA TIM DISPERIKAN LAHAT

selengkapnya..

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater