ADA  APA DI BULAN AGUSTUS – SEPTEMBER 2018 ?

KAMPANYE IMUNISASI MEASLES – RUBELLA (IMUNISASI MR)

Rabu, 1-Agustus-2018, 13:19


TINGGI HARI – Puskesmas Desa Tinggi Hari Kecamatan Gumay ulu, hari ini laksanakan Louching Imunisasi Measles Rubella (MR) di SMPN 01 Gumay Ulu. Rabu (1/8).

Berdasarkan info yang didapat, Louching MR merupakan program serentak yang dilaksanakan di seluruh indonesia dimana di buka langsung Oleh Bapak Zaini selaku kasie ekobang kec.Gumay Ulu yang di nantinya akan di terus dilaksanakan di sekolah-sekolah dan posyandu sampai bulan september.

Saat dibincangi awak media melalu via WA, Kepala Puskesmas Tinggi Hari MERI YULI ASTINI,SKM,MM menjelaskan tentang sekilas Imunisasi MR.

“Apa Itu Imunisasi MR ?

Kampanye imunisasi Measles Rubella (MR) adalah suatu kegiatan imunisasi secara massal sebagai upaya untuk memutuskan transmisi penularan virus campak dan rubella pada anak usia 9 bulan sampai dengan <15 tahun, TANPA MEMPERTIMBANGKAN STATUS IMUNISASI SEBELUMNYA.

Campak & Rubella berbahayakah ?

Campak dapat menyebabkan komplikasi yang serius, seperti radang paru (pneumonia), radang otak (ensefalitis), kebutaan, gizi buruk dan bahkan kematian.

Rubella biasanya berupa penyakit ringan pada anak, akan tetapi bila menulari ibu hamil pada trimester pertama atau awal kehamilan, dapat menyebabkan keguguran atau kecacatan pada bayi yang dilahirkan. Kecacatan tersebut dikenal sebagai Sindroma Rubella Kongenital meliputi kelainan pada jantung dan mata, ketulian dan keterlambatan perkembangan.

Tidak ada pengobatan untuk penyakit campak dan rubella, namun penyakit ini dapat dicegah. Imunisasi dengan vaksin MR adalah pencegahan terbaik untuk penyakit campak dan rubella. Satu vaksin untuk mencegah dua penyakit sekaligus.

Imunisasi MR diberikan untuk semua anak usia 9 bulan sampai dengan usia kurang dari 15 tahun selama kampanye Imunisasi MR bulan Agustus – September 2018.

BULAN AGUSTUS : Imunisasi MR diberikan untuk Anak Usia Sekolah mulai PAUD, TK, SD,  SMP dan SMA yang berusia <15 tahun (termasuk MI/ Sederajat, SMP/MTS/sederajat)

BULAN SEPTEMBER : Imunisasi MR diberikan untuk Bayi Usia 9 bulan s.d anak usia <7 tahun dilaksanakan di Posyandu, Puskesmas dan Sarana Pelayanan Kesehatan lainnya.

Ayo, lindungi buah hati
Anda dari kesakitan,
kecacatan, dan kematian
karena penyakit Campak
dan Rubella.

Jadi mari kita Cegah penyakit Campak dan Rubella dengan Imunisasi, ayo Sayangi buah hati Anda dengan Imunisasi
Campak-Rubella (MR). GRATIIIIISSSSS lhooo bu pak, demi kesehatan si buah hati Karna Kegiatan ini merupakan program pemerintah untuk menyehatkan Anak – anak Indonesia dari penyakit Campak – Rubella”. Jelasnya.

Jadi, sambungnya, “Saya harapkan kepada orang tua dan masyarakat Gumay Ulu untuk memastikan anak atau keluarga umur 9 bulan sampai 15 tahun mendapatkan imunisasi MR atau Campak dan Rubella selama bulan Agustus -September yang akan dilaksanakan oleh Puskesmas Tinggi Hari ke Sekolah sekolah dan Posyandu  secara GRATIS”. Ungkapnya.

Aina salah satu masyarakat Gumay Ulu menyambut baik program MR yang sudah di louncing hari ini menurutnya sangat membantu menghindari penyakit yang sudah meresahkan masyarakat.

“Terima kasih nian kepada Pihak Puskesmas tinggi hari yang sudah memberikan pelayanan MR untuk anak-anak kami, pokoknyo sukses untuk kalian”. Pungkasnya. (ALI).

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
LAHAT SELATAN - GUMAY ULU - PULAU PINANG - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT - KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI
TANJUNG SAKTI PUMI - PUMU - JARAI - PAJAR BULAN - SUKA MERINDU - MUARA PAYANG
GUMAY TALANG - PSEKSU - KIKIM TIMUR - KIKIM SELATAN - KIKIM BARAT - KIKIM TENGAH

LAHAT - Kamis, 01-Desember-2022 - 23:54

Kapolda Sumsel Kungker ke Polres Lahat 

selengkapnya..

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater