TERHITUNG HINGGA JUNI 2018, 1.200 0RANG URUS KARTU AK1 DI DISNAKERTRANS

Rabu, 25-Juli-2018, 17:24


LAHAT – Tahun ke tahun angka Pencari Kerja (Pencaker) semakin meningkat, tidak termasuk di Bumi Seganti Setungguan Kabupaten Lahat. Dimana terpantau, terhitung sudah empat hari terakhir, ratusan pencari kerja memadati Kantor Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans red) Kabupaten Lahat. Rabu (25/7/2018).

Ditemui diruangan nya, Kadisnakertrans Lahat, Ir H Ismail Hanafi MTP, melalui Kasi Penempatan Tenaga Kerja dan Perluasan Kesempatan Kerja, Jon Liardi, terkait di padatinya kantor Disnakertrans yang tepat berada bersebelahan dengan Kantor Kejaksaan Negeri Lahat ini mengatakan, ini tak lain para pencari kerja ingin mengurus pembuaran kartu AK1, atau juga sering disebut kartu kuning senagai tanda pencari kerja.

” Hampir sekitar 400 orang’an pencaker, terhitung sudah empat hari terakhir yang melakukan pengurusan untuk diterbitkan nya kartu AK1. Mayoritas yang membuat ini kebanyakan adalah tamatan SMA, ada juga beberapa dari yang bertitelkan sarjana,” ujar Jon Liardi.

Berdasarkan data yang ada, lanjut Jon, pihaknya terhitung hingga bulan Juni tahun 2018 ini sedikitnya sudah 1200 orang yang membuat kartu AK1. Tahun 2017, sebanyak 2017 orang, sedangkan tahun 2016 sebanyak 2353 orang.

” Dengan bertambahnya tiap tahun lulusan baik itu sekolah, perguruan tinggi, inilah yang semakin banyaknya yang membuat kartu AK1 tersebut. Pencaker di tahun ini juga masih didominasi oleh mereka pencaker dari tahun-tahun sebelumnya, Sedangkan perusahaan, banyak yang buka lowongan tidak melalui kita,” beber Jon.

Terpisah Yoyon, warga Kota Lahat, salah satu pencaker yang juga melakukan pembuatan Kartu Kuning mengatakan, pembuatan kartu AK1 ini dilakukan nya lantaran ada salah satu perusahaan batu bara yang membuka lowongan pekerjaan.

“Cari kerja di Lahat sulit mas, kebetulan ada perusahaan yang buka lowongan, maka saya coba ikut untuk melamar.” tukasnya. (CEPY – LAHAT)

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
LAHAT SELATAN - GUMAY ULU - PULAU PINANG - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT - KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI
TANJUNG SAKTI PUMI - PUMU - JARAI - PAJAR BULAN - SUKA MERINDU - MUARA PAYANG
GUMAY TALANG - PSEKSU - KIKIM TIMUR - KIKIM SELATAN - KIKIM BARAT - KIKIM TENGAH

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater