PEMUDA MUHAMMADIYAH MENDUKUNG PENGUSUTAN PRAKTEK MONEY POLITIC

Thursday, 28-June-2018, 09:22


LAHAT – Perkembangan proses pilkada di Kabupaten lahat dalam beberapa jam terakhir tentu sangat rentan diwarnai berbagai bentuk kecurangan. Dan bentuk kecurangan yang lazim terjadi adalah “money politic” atau “politik uang”.

Menyikapi dugaan kasus money politik yang terjadi di Kabupaten Lahat, Ketua PD Pemuda Muhammadiyah menegaskan bahwa Pemuda Muhammadiyah akan mendukung pengusutan kasus ini.

“Politik uang yang terjadi tentu akan sangat merugikan proses pembangunan di Kabupaten Lahat. Tentu akan banyak dampak buruk yang bisa terjadi ketika kandidat calon pemimpin daerah (Bupati & Wakil Bupati) melakukan praktek politik uang ini, antara lain APBD berpotensi digunakan untuk kepentingan pemodal yang telah membiayai proses pemenangan kandidat, dan kandidat terpilih pun bisa saja ‘merampok’ APBD untuk mengembalikan modal nya yg telah banyak dikeluarkan saat proses kampanye,” ujar Elvin Kurniansyah menceritakan dampak Politik Uang.

Menurut Elvin, pembangunan daerah yang digaungkan saat kampanye bisa saja hanya tinggal wacana karena dana pembangunan digunakan untuk ‘pengembalian modal’.

“Kemungkinan dampak buruk selanjutnya adalah dengan adanya proses politik uang yang bersifat transaksional, figur-figur pemimpin yang tidak memiliki kompentensi, baik itu berupa kemampuan pengetahuan maupun kemampuan kepemimpinan, bisa saja terpilih dan tampil menjadi pemimpin,” tegas Elvin Kurniansyah.

“Namun jangan lupa bahwa pelaku dan penerima politik uang dapat diproses pidana merujuk pasal 187a ayat 1 dan 2 UU Nomor 10 tahun 2006. Menyikapi hal itu, saya sebagai bagian dari elemen masyarakat dan ketua PDPM Kabupaten Lahat menegaskan akan mendukung penuh pengusutan praktek politik uang dan mengutuk pelakunya pada perhelatan pilkada kabupaten lahat tahun 2018,” pungkasnya.

(Aan LO)

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

KOTA AGUNG - Monday, 28-November-2022 - 19:53

selengkapnya..

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
LAHAT SELATAN - GUMAY ULU - PULAU PINANG - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT - KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI
TANJUNG SAKTI PUMI - PUMU - JARAI - PAJAR BULAN - SUKA MERINDU - MUARA PAYANG
GUMAY TALANG - PSEKSU - KIKIM TIMUR - KIKIM SELATAN - KIKIM BARAT - KIKIM TENGAH

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater