SIMPANG ASAM – MIO ALTERNATIF JALUR BALIK

Siapkan Kendaraan Dengan Prima, Melintaslah Secara Berkonvoi

Wednesday, 20-June-2018, 09:48


KOTA AGUNG – Mengguna jalur alternatif tentu menjadi pilihan pemudik yang akan melakukan perjalan arus balik pasca lebaran.

Khusus untuk pemudik dari Bengkulu dan sebagai wilayah Sumatera Selatan jalur Simpang Asam – Mio (Muara Enim) bisa dijadikan salah satu pilihan akses yang dapat dipergunakan.

Menginggat selain memotong panjangnya perjalan, jalur ini relatif lebih lengang dari pada jalur utama.

Jalan propinsi Sumatera Selatan yang menghubungkan wilayah kabupaten Lahat dan Muara Enim setiap arus mudik dan balik bisa dipakai untuk pulang ke kampung halaman.

Berdasarkan info yang didapat oleh Portal Berita Jeme kite dari sejumlah pelintas, Selasa (20/6), rata-rata mereka adalah perantau yang biasa menggunakan jalur ini untuk berlebaran di tanah kelahiran masing-masing.

Irawan, pemudik dari Manna (Bengkulu) menerangkan akses jalan ini biasa mereka gunakan untuk kembali ke kampung halaman untuk berlebaran. Selain karena akses lebih singkat, jalur ini juga terbilang zero macet.

“Sepi iya mas, tetapi bagi kita yang biasa melintas di jalur ini akan terasa lebih singkat, karena motong jalan lumayan banyak. Selain itu, saat mudik kita juga bareng dengan kawan-kawan yang tanah kelahiranya berada di lintasan jalan ini.

Ada yang mudik ke Mulak misalnya, ya kita langsung bisa turunin disini. Nanti balik kita bisa mampiri lagi, kalau lebaran pada masa mudik tak terlalu sepi, mengingat saat melintas pasti kita akan ketemu dengan pemudik yang lain,” jelasnya.

Ketika ditanya kondisi jalan? Dia menerangkan, secara umum masih layak untuk dilalui. Jika ada kerusakan belum terlalu mengkhwatirkan, hanya patut diwaspadai adalah banyak lobang dibadan jalan.

“Intinya saat melintas konsentrasi wajib dijaga, bila telah lelah menepi untuk beristirahat atau silakan berganti sopir bila punya pengganti. Seperti diketahui jalan diwilayah ini rata-rata melintasi hutan,” katanya.

Dipihak lain, Kapolsek Kota Agung, Iptu Freddy R SH mengakui bahwa akses Simpang Asam – Mio masih menjadi pilihan lain untuk jalur mudik dan balik. Hanya dia selalu menginggatkan pelintas untuk menyiapkan bahan bakar cukup bila memilih jalan ini.

“Sebab dijalur ini tak ada SPBU, kemudian penerang jalan yang kurang. Yang lebih penting saat melakukan perjalanan hendaknya selalu berkonvoi minimal 2 atau lebih kendaraan.

Hal itu guna mengantisipasi hal yang tak terduga saat melakukan perjalanan, berikutnya adalah selalu mengecek kondisi ban, mengingat untuk mendapatkan bengkel jaraknya berjauhan,” tambahnya.

Bila ragu untuk melintas jalur ini, Freddy lebih mengarahkan menggunakan jalur biasa via Lahat Muara Enim. Karena jalur itu tentu akan lebih aman, sebab merupakan jalur utama.

Sejak beberapa hari terakhir memang terpantau jalur ini telah ramai dilintasi arus balik, terutama kendaraan pribadi bernomor polisi Lampung dan Jabotabek. (Indi)

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
LAHAT SELATAN - GUMAY ULU - PULAU PINANG - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT - KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI
TANJUNG SAKTI PUMI - PUMU - JARAI - PAJAR BULAN - SUKA MERINDU - MUARA PAYANG

KOTA AGUNG - Monday, 28-November-2022 - 19:53

selengkapnya..

GUMAY TALANG - PSEKSU - KIKIM TIMUR - KIKIM SELATAN - KIKIM BARAT - KIKIM TENGAH

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater