SURVEI VOXPOL : ELEKTABILITAS BURSAH PARHAN TAK TERTANDINGI

Minggu, 10-Juni-2018, 14:40


LAHAT – Dalam releasenya, survei Voxpol Center Reseach and Consulting yang dilaksanakan pada 20-24 Mei 2018 tingkat popularitas calon Bupati Lahat, Bursah Zarnubi-Parhan Berza sudah hampir klimaks yakni 98,8 persen, sementara popularitas Nopran Marjani-Herliansyah 97,3 persen, Hapit Padli-Erlansyah Rumsyah 80,8 persen, Cik Ujang-Haryanto 95,8 persen, dan Purnawarman Kias-Rozi Adiansyah 83,8 persen.

Direktur Eksekutif Voxpol Center Research and Consulting, Pangi Syarwi Chaniago mengatakan Survei ini mengambil responden sebanyak 400 orang dan tingkat kesalahan (margin of error) sekitar +/- 4,89 persen, tingkat kepercayaan 95 persen dan menggunakan metode multi-stage random sampling melalui wawancara tatap muka mengunakan kuesioner. Responden yang terpilih dalam survei ini diwawancarai oleh para surveyor yang telah dilatih Voxpol Center Research and Consulting.

BACA : https://lahatonline.com/158378-di-usia-4-tahun-www-lahatonline-com-hadirkan-notifikasi-berita.html

BACA : https://lahatonline.com/158425-guslan-hanya-satu-yang-ku-suka-dengan-program-bursah-zarnubi-yang-lain-tidak.html

BACA : https://lahatonline.com/158511-bursah-zarnubi-kesehatan-setara-itu-tidak-membedakan-pelayanan.html

BACA : https://lahatonline.com/158514-bursah-parhan-tidak-ada-siswa-putus-sekolah.html

BACA : https://lahatonline.com/158021-subardi-besaran-apbd-dan-janji-politik-calon-kepala-daerah.html

Dari sisi tingkat kesukaan terhadap kandidiat (likeability) pasangan Bursah Zarnubi-Parhan Berza dan Nopran Marjani-Herliansyah menempati posisi teratas sebagai tokoh yang paling disukai masyarakat Kabupaten Lahat, pasangan Nopran Marjani-Herliansyah 87,8, Bursah Zarnubi-Parhan Berza 86,8, Cik Ujang- Haryanto 84,0 persen, Purnawarman Kias-Rozi Adiansyah 65,8 persen dan Hapit Padli-Erlansyah Rumsyah 63,5 persen.

Dari sisi elaktabilitas jika pemilihan Bupati Kabupaten Lahat dilaksanakan hari ini, Bursah Zarnubi-Parhan Berza unggul sebesar 42,2 persen, tertinggi dibandingkan semua calon lainnya. Kemudian disusul Nopran Marjani-Herliansyah 27 persen, Cik Ujang- Haryanto 22,8 persen, persen, Kias-Rozi Adiansyah 2,8 persen Hapit Padli-Erlansyah Rumsyah 2,5 persen dengan tingkat yang belum menentukan pilihan (undecided voters) sebesar 2,7 persen responden.
Dari hasil survei terlihat bahwa elektabilitas Bursah Zarnubi-Parhan Berza unggul daripada bakal calon Bupati Kabupaten Lahat lainnya.

Dari angka elektabilitas ini tergambar bahwa peluang Bursah Zarnubi-Parhan Berza untuk memenangkan pemilihan Bupati Kabupaten Lahat terbuka lebar, hal ini setidaknya terindikasi dari beberapa hal, Pertama, survei ini dilakukan dalam rentag waktu yang sangat dekat dengan waktu pemilihan (+/- satu bulan sebelum Pemilihan) sehingga tidak akan terjadi pergeseran angka yang sangat siknifikan dari setiap pasangan kandidat.

Kedua, angka yang belum menentukan pilihan (undecided voters) sudah semakin kecil yakni sebesar 2,7 persen responden, itu artinya mayoritas masyarakat lahat sudah menentukan pilihan dan angka undecided voters ini tidak akan tidak akan mempengaruhi hasil akhir jika mereka memutuskan pilihannya pada saat terahir.

Ketiga, Selisih perolehan suara yang cukup siknifikan antara pasangan Bursah Zarnubi-Parhan Berza dan pasangan Nopran Marjani-Herliansyah sebagai saingan terdekat yakni 15 persen. Angka ini akan sagant sulit untuk dikejar mengingat waktu pemilihan yang sudah semakin dekat.

Terpisah Bakrun Satia Darma (BSD), salah seorang dari Tim pemenangan Bursah Parhan, mengatakan “Hasil survei dibuat dengan metode dan kajian ilmiah, namun demikian hasil survei tidak akan membuat kami lengah, hasil survei menjadi pedoman dan panduan untuk langkah perjuangan pada tahapan selanjutnya, kami yakin masyarakat Kabupaten Lahat sangat ingin bersama Bursah Parhan dalam menata kota membangun desa$ pungkas BSD

(AKUN)

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN

LAHAT - Rabu, 27-Maret-2024 - 17:54

Guru Penggerak Terus Bertambah 

selengkapnya..

PULAU PINANG - GUMAY ULU - GUMAY TALANG - LAHAT SELATAN
KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT
TANJUNG SAKTI PUMU - TANJUNG SAKTI PUMI

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater