BRIPKA DODI DIUSULKAN DLH LAHAT MENERIMA PENGHARGAAN KALPATARU

KATEGORI PENGEABDI LINGKUNGAN

Senin, 28-Mei-2018, 20:37


LAHAT TENGAH – Berawal dari hobi memilah sampah, Bripka Dodi Permana SH MM kini menjadi direktur. Ya sesuai hobinya, Dodi menjadi direktur bank sampah DP Partner yang dirintisnya sejak tahun 2007 dan mulai mendapatkan SK pada tahun 2011.

Atas kegigihannya tersebut, ia mendapatkan nominasi penerima penghargaan Kalpataru tingkat Provinsi. Dodi diusulkan oleh DLH Kabupetan Lahat untuk menerima pengehargaan Kalpataru kategori pengabdi lingkungan. Dimana Dodi juga mengabdi di lingkungan di luar tugasnya sebagai anggota Polsek Mulak Ulu Lahat.

BACA : http://lahatonline.com/158378-di-usia-4-tahun-www-lahatonline-com-hadirkan-notifikasi-berita.html

BACA : http://lahatonline.com/158425-guslan-hanya-satu-yang-ku-suka-dengan-program-bursah-zarnubi-yang-lain-tidak.html

BACA : http://lahatonline.com/158511-bursah-zarnubi-kesehatan-setara-itu-tidak-membedakan-pelayanan.html

BACA : http://lahatonline.com/158514-bursah-parhan-tidak-ada-siswa-putus-sekolah.html

BACA : http://lahatonline.com/158021-subardi-besaran-apbd-dan-janji-politik-calon-kepala-daerah.html

Sebelumnya tim penilai dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Provinsi Sumsel telah melakukan pengecekan aktivitas bank sampah yang dikelola oleh Dodi, Senin (28/5/18).

“Kedatangan kita untuk melaihat sejauh mana aktivitas calon penerima Kalapataru. Kita juga ikut memotivasi dan membina agar kedepannya lebih baik,” ungkap Ir.Yunius Antoni, M.Si, didampingi Suryadi, dan Hermanto, tim penilai dari DLH Provinsi.

Terkait penerimaan penghargaan Kalpataru nanti akan diumumkan dan diberikan pada akhir Juli atau awal Agustus pada peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia di kebun Raya Sriwijaya, Ogan Ilir.

“Di Sumsel sendiri hanya ada dua yang diusulkan satu dari Prabumulih dan satunya dari Lahat,” tambahnya.

Sementara Dodi mengaku bersyukur bila dinominasikan sebagai penerima Kalpataru. Lantaran, bekerja di bidang sampah berawal dari keinginannya agar sampah tersebut bisa bernilai ekonomis dan bermanfaat bagi masyarakat. Adanya bank sampah, membuat warga bisa mendapatkan uang dari sampah- sampah yang ada serta belajar untuk menabung.

Saat ini Bank Sampah yang didirikannya telah berkembang menjadi 12 unit, tersebar di beberapa titik kota Lahat. Untuk jenis sampah yang dikelolahnya ada 2 jenis, yaitu sampah non organik dan organik, dimana sampah organik akan diolah menjadi pupuk kompos, selanjutnya hasil dari olahan tersebut bakal di jual ke pihak-pihak perusahaan tambang yang ada di Kabupaten Lahat, untuk mereklamasi lahan galian tambang. Sedangkan sampah non organik langsung dilebur dan di kemas selanjutnya dibawah ke Jakarta untuk dijual kembali.

Kini seiring berjalannya waktu tidak hanya warga yang menjadi nasabah Bank sampah, melainkan pihak Hotel berbintang dan Mall yang ada di Lahat telah ikut juga bergabung menabung sampah di Bank Sampah DP Patner, yang didirikan dengan modal awal yang ia punya seadanya.

Sementara di bulan Ramadhan ini, Dodi juga mengajak warga Lahat untuk bersedekah sampah. “Kalau mau bersedekah tidak harus uang, sampah pun kami terima. Tapi memang yang disalurkan nanti ke penerima tentu bukan sampah bisa berupa uang atau barang berguna bagi penerima,” candanya.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Lahat, Ir Misri, MT melalui Kabid Limbah B 3 Budi Utama, membenarkan nama Dodi diusulkan untuk meraih Kalpataru mewakili Lahat.

Hal tersebut tidak lepas peran Dodi dan Bank Sampah yang dikelola mewujudkan Lahat bersih.

“Ya sudah kita usulkan ke provinsi. Semoga beliau terpilih sebab perannya begitu besar khususnya soal sampah di Lahat,” ujarnya

(Mirhan)

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

KIKIM TIMUR - Rabu, 30-November-2022 - 21:24

POLSEK KIKIM TIMUR SOSIALISASI SABER PUNGLI

selengkapnya..

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT - Rabu, 30-November-2022 - 18:30

selengkapnya..

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
LAHAT SELATAN - GUMAY ULU - PULAU PINANG - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT - KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI
TANJUNG SAKTI PUMI - PUMU - JARAI - PAJAR BULAN - SUKA MERINDU - MUARA PAYANG
GUMAY TALANG - PSEKSU - KIKIM TIMUR - KIKIM SELATAN - KIKIM BARAT - KIKIM TENGAH

MULAK ULU - Rabu, 30-November-2022 - 11:29

CAMAT ELSYE TERIMA TIM DISPERIKAN LAHAT

selengkapnya..

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater