KADIS PERTANIAN PANEN PADI BERSAMA PETANI SIRAH PULAU

Jumat, 4-Mei-2018, 20:43


SIRAH PULAU – Hari jumat ini berlokasi diataran sawah poktan sirah pulau tani desa sirah pulau kecamatan kikim selatan dilakukan panen bersama padi dilokasi demplot (kerjasama Koperasi alumni IPB dan penyalur pupuk) menggunakan padi sawah varietas unggul nasional yang baru dilepas yaitu IPB 3S.

Hadir pada acara panen bersama tersebut Kepala Dinas Pertanian IR H Agustia Budiman, MM, Kabid Tanaman Pangan, didampingi unsur Tripika Danramil Kikim, Kapolsek Kikim Selatan, Camat Kikim Selatan, Kades Sirah Pulau, KCD TPH, BP3K, PPL, tokoh masyarakat, dan kelompok tani.
Dalam panen itu juga dilakukan pengubinan sample petakan padi, dan didapat hasil provitasnya 6,24 ton per Ha Gabah Kering Panen atw GKP. Menurut madi ketua poktan padi jenis ini lumayan bernas, tahan terhadap hama wereng dan penyakit blast tidak seperti tanaman disekitarnya yang menggunakan varietas ciherang dan benih lok ada yang mudah terserang

Selain itu menurut A. Firdaus, SP. MMA selaku Kabid Tanaman Pangan bahwa padi IPB 3s ini juga kelihatan tegakannya kokoh warnanya kuning keemasan. Anakan dan rumpunnya banyak dan daun benderanya tinggi tegak, lebar dan tajam, malainya panjang menunduk sehingga hama burung sedikit berkurang. Juga nasinya enak dan pulen yang digemari masyarakat Kabupaten Lahat.

Setelah dilakukan acara panen bersama dilanjutkan dengan pertemuan dan diskusi dengan anggota poktan dan juga dilakukan serah terima bantuan benih padi unggul nasional varietas mekongga secara simbolis dari Pemda Lahat oleh Kadis Pertanian kepada petani anggota piktan.

Dalam sambutannya Kadis Pertanian mengatakan ini merupakan wujud dari kepedulian Pemda Lahat dalam membantu petani meningkatkan produksi dan menambah penghasilannya. Dan juga dari pihak petani menyambut baik bantuan benih ini seraya mengucapkan terimakasih atas perhatian pemerintah terhadap nasib petani.

( HERN4N LO)

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

KIKIM TIMUR - Rabu, 30-November-2022 - 21:24

POLSEK KIKIM TIMUR SOSIALISASI SABER PUNGLI

selengkapnya..

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT - Rabu, 30-November-2022 - 18:30

selengkapnya..

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
LAHAT SELATAN - GUMAY ULU - PULAU PINANG - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT - KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI
TANJUNG SAKTI PUMI - PUMU - JARAI - PAJAR BULAN - SUKA MERINDU - MUARA PAYANG
GUMAY TALANG - PSEKSU - KIKIM TIMUR - KIKIM SELATAN - KIKIM BARAT - KIKIM TENGAH

MULAK ULU - Rabu, 30-November-2022 - 11:29

CAMAT ELSYE TERIMA TIM DISPERIKAN LAHAT

selengkapnya..

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater