YUDI SS : “MONEY POLITIK, TAK AKAN MAMPU KALAHKAN BURSAH PARHAN”

SUDAH 'PAKEM' DI DUNIA SURVEI, JELANG 60 HARI PILKADA, SELISIH SURVEI 15% TAK AKAN ADA YANG MAMPU LEWATI

Kamis, 3-Mei-2018, 07:08


LAHAT – Lingkaran Survei Indonesia baru saja merilis hasil survey Pilkada Kabupaten Lahat terbaru, menempatkan pasangan Bursah Zarnubi dan Parhan Berza di posisi pertama pada Selasa (1/5) yang lalu

http://lahatonline.com/155495-survei-lsi-bursah-parhan-paling-berpotensi-pimpin-lahat.html

Pengambilan data survei, yang dilakukan pada tanggal 09 -15 April 2018. Survei menggunakan metode multistage random sampling, dengan jumlah responden 1.200 orang, dengan margin of error 4,1 persen. 

Lembaga Survei Indonesia, melalui wawancara tatap muka responden menggunakan kuesioner, menerangkan raihan elektabilitas para pasangan calon  Pilkada Kabupaten Lahat adalah sebagai berikut :

1. Pasangan nomor urut 4, Bursah Zarnubi dan Parhan Berza, mendapat elektabilitas sebesar 37,7 persen, sementara survei LSI di bulan Januari 2018 pasangan ini memperoleh 36,6 persen, artinya ada kenaikan 1,1 persen

2. Pasangan nomor urut 3, Cik Ujang dan Haryanto , mendapat elektabilitas sebesar 20,0
persen, sementara survei LSI di bulan Januari 2018 pasangan ini memperoleh 11,4 persen, artinya ada kenaikan 8,6 persen

3. Pasangan nomor urut 1, Nopran Marjani – Herliansyah mendapat elektabilitas sebesar 18,9 persen, sementara survei LSI di bulan Januari 2018 pasangan ini memperoleh 24,3 persen, artinya ada penurunan 5,4 persen

4. Pasangan nomor urut 5, Purnawarman Kias – Rozi Adiansyah mendapat elektabilitas sebesar 4,3 persen, sementara survei LSI di bulan Januari 2018 pasangan ini memperoleh 3,0 persen, artinya ada kenaikan 1,3 persen

4. Pasangan nomor urut 2, HAPIT PADLI dan Erlansyah Rumsyah, mendapat elektabilitas sebesar 2,3 persen, sementara survei LSI di bulan Januari 2018 pasangan ini memperoleh 1,4 persen, artinya ada kenaikan 0,9 persen

Sementara Responden yang masih menyatakan Rahasia, Belum Memutuskan, atau tidak tahu/tidak jawab, di angka 16,7 persen, sementara survei LSI di bulan Januari 2018 untuk kategori ini diangka 23,4 persen, artinya ada penurunan 6,7 persen

Apabila tidak ada kejadian politik yang luar biasa di Kabupaten Lahat dalam kurun 1,5 bulan yang akan datang, maka Pasangan Bursah Zarnubi-Parhan Berza berpotensi memimpin Kabupaten Lahat untuk 2018-2023.

Dinamika perolehan suara ini adalah hal yang biasa menjelang pemungutan suara yang kian dekat. “Namun melihat waktu yang tersisa tinggal 1,5 bulan lagi, apabila tidak ada blunder di pasangan Burzah-Parhan dan tidak ada strategi yang massif yang dilakukan oleh 4 pasangan yang lain, maka Bursah-Parhan potensial memenangkan pilkada ini”, papar Sunarto Ciptoharjono, Direktur LSKP-LSI Denny JA.

Sementara itu Peneliti Senior Aliansi Jaringan Rakyat, Yudi Syamhudi Suyuti menjelaskan “di Pilkada Lahat, undecided voters sudah tinggal 16,6 persen. “Itu artinya, pemilih yang bisa diperebutkan hanya tinggal sedikit, bisa saja mereka justru tidak berpartisipasi dalam pilkada,” katanya.

“Sekalipun di perebutkan tidak akan dapat mengejar elektabilitas pasangan Bursah Zarnubi dan Parhan Berza” katanya

Lebih lanjut Yudi Syamhudi Suyuti, mengatakan “sudah menjadi pakem dalam dunia survei bahwa 60 hari menjelang pemilihan, selisih persentase cenderung masih dapat di kejar pada kisaran selisih angka 10 persen, itupun kalau lawan adalah Incumbent, kalau bukan Incumbent hanya gempa politik yang dapat menyusulnya”.

“Bursah Zarnubi  dan  Parhan Berza itu bukan Incumbent, Dahsyatnya Bursah Parhan semakin mendekati Pilkada 27 Juni, sosialisasi dan kampanyenya bergerak semakin masif, terstruktur dan sistematis”

“Di selisih 15 persen menjelang 60 hari  pilkada, apapun jenis gempa politik nya, baik berupa money politik tidak akan dapat mengejar laju ketertinggalan selisih persentase, untuk itu money politik tak akan menyelesaikan masalah”

“Apalagi di Lahat ini juga, sudah teropini, ambil uangnya jangan pilih orangnya, selain itu kultur budaya pemilih masyarakat Lahat cenderung Pemilih irasional karena faktor ikatan familiar / pertemanan (betunguan)”

Lebih lanjut Yudi, mengatakan Endurance atau ketahanan tubuh dalam profil politik Bursah-Parhan masih sangat kuat hingga tanggal 27 Juni 2018 mendatang.

“Kekuatan pasangan Bursah-Parhan dalam hal logistik, mesin penggerak suara, media kampanye, jaringan masyarakat dan harapan Rakyat untuk terjadinya perubahan di Lahat menjadi kekuatan yang sangat sulit ditandingi lawan-lawannya” pungkas Yudi, seraya menambahkan “bukan mendahului, saya ucapkan selamat pada pak Bursah Parhan, Bupati Lahat 2018 – 2023” katanya lagi

Terpisah Bakrun Satia Darma salah satu Tim Pemenangan Bursah Parhan, mengatakan “Berada di posisi pertama hasil survei LSI, tidak membuat kami jumawa, justru hasil survei tersebut akan menjadi acuan dan cambuk bagi kami untuk terus bergerak memenangkan pasangan Bursah Zarnubi dan Parhan Berza dalam Pilkada nanti”

(BARDI LO)

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
LAHAT SELATAN - GUMAY ULU - PULAU PINANG - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT - KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI
TANJUNG SAKTI PUMI - PUMU - JARAI - PAJAR BULAN - SUKA MERINDU - MUARA PAYANG
GUMAY TALANG - PSEKSU - KIKIM TIMUR - KIKIM SELATAN - KIKIM BARAT - KIKIM TENGAH

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater