WISATA PELANCU DIJADIKAN LOKASI TERAPI RILEKSASI

ORANG GANGGUAN JIWA DAN PENYALA GUNAAN NAPZA

Rabu, 2-Mei-2018, 13:32


ULAK PANDAN – Taman Wisata Alam Pelancu Ulak Pandan, Kecamatan Merapi Barat Kabupaten Lahat hari ini Rabu (2/5/2018) terlihat aktivitas yang berbeda, selain tempat wisata dipelancu juga bisa dijadikan tempat terapi, edukasi dan menjadi wahana bermain atau outbond.

Seperti apa yang dilakukan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Lahat, dan Puskesmas Bandar Jaya pagi ini, bekerja sama dengan Psikolog mengadakan terapi rilexasi terhadap 18 pasien yang didampingi pihak keluarga untuk membantu penyembuhan gangguan kejiwaan dan penyalagunaan Napza.

“Terapi ini bertujuan agar pasien nantinya bisa kembali ketengah-tengah masyarakat, bisa hidup normal ditengah lingkungan,” ujar Farlian Fardan, SKM perwakilan dari Dinas Kesehatan Kabupaten Lahat.

Dibawah Pimpinan Yuliani, SKM, M. Kes Puskesmas Bandar Jaya menerapkan beberapa terapi seperti terapi kelompok, terapi kerja atau ketarampilan, terapi musik, rilexasi, terhadap (ODGJ) orang dengan gangguan jiwa, dan penyalagunaan Napza.

Dikesempatan itu Psikolog Asih Winanti, S, Msi, Psi dan dibantu oleh Dokter iiputra dari Puskesmas Bandar Jaya menjelaskan, bahwa pasien yang terapi itu adalah pasien yang nantinya sudah siap hidup secara normal bersama-sama masyarakat lainnya karena dari aspek Intelektual, Kepribadian, Sosial dan Emosi sudah cukup bagus sehingga nantinya.

“Kita harapkan akan menjadi bagian dari masyarakat banyak, Khusus pasien narkotika jenis terapinya adalah CBT (cognitive Behaviour theraphy) ujar psikolog yang membuka Lembaga Psikologi Kreatif sendiri di Kelurahan Talang Kapuk Kecamatan Lahat ini,” jelasnya.

Disaat istirahat makan siang terlihat beberapa pasien sudah berinteraksi, ngobrol santai ditengah-tengeh pengelola pelancu, yang di iringi dengan canda dan tawa bersama.

Exnis Monika pengelola pelancu saat diminta keterangan mengungkapkan, bahwa tadi ia sempat ngobrol bersama pasien. “tidak terlihat ataupun ada tanda-tanda bahwa pasien adalah mantan orang yang mengidap gangguan jiwa,” terangnya singkat.

(Mirhan)

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
LAHAT SELATAN - GUMAY ULU - PULAU PINANG - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT - KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI
TANJUNG SAKTI PUMI - PUMU - JARAI - PAJAR BULAN - SUKA MERINDU - MUARA PAYANG
GUMAY TALANG - PSEKSU - KIKIM TIMUR - KIKIM SELATAN - KIKIM BARAT - KIKIM TENGAH

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater