OPINI : TERCAPAIKAH TARGET KAMPANYE PASLON BUPATI LAHAT ?

Kamis, 26-April-2018, 15:24


LAHAT – Kegiatan politik dalam bentuk kampanye oleh lima pasang calon bupati dan wakil bupati Lahat sudah berjalan lebih kurang 2 bulan, tentunya dengan capaian sesuai dengan target masing masing paslon.

Jika dicoba evaluasi kunjungan kampanye 5 pasang calon dengan sebaran lebih kurang 367 desa dalam wilayah Kabupaten Lahat tentu masing masing paslon sudah mengantongi angka desa desa yang sudah dilakukan kampanye dialogis.

Apabila capaian kunjungan paslon masih minim ( rendah ) maka mau tidak mau untuk mengejar eliktabilitas, maka paslon harus mamanfaatkan waktu tersisa sejak hari ini sampai dengan 21 juni 2018.

Apabila dihitung waktu efektif untuk dilakukan kunjungan dialogis sejak hari ini 25 April 2018 maka efektifnya sbb :

Masuk bulan puasa adalah sekitar tanggal 15 mei 2018, tentu 5 hari sebelum puasa adalah hari hari tenang menjelang puasa, artinya jika dihitung hari ini maka tersisah 10 hari efektif untuk kampanye dialogis.

Lantas dibulan puasa sudah semakin sempit, bagaimana tidak dibulan puasa paslon diperkirakan hanya bisa melakukan 1 x pertemuan saja setiap hari dalam bentuk buka bersama dan tarawih.

Artinya selama bulan puasa efektif pertemuan hanya akan berlangsung maksimal 1 x pertemuan saja setiap hari sampai masa tenang menjelang hari raya idhul fitri.

Sehabis idhul fitri maka waktu tersisa hanya lebih kurang 15 hari dipotong masa tenang selama 1 minggu hingga pemungutan suara 27 juni 2018, praktis paslon bisa melanjutkan kampanye sehabis idhul fitri maksimal 10 hari.

Jika sampai dengan 21 juni 2018 capaian dialogis tatap muka dengan masyarakat tidak sampai 50% dari jumlah desa yang ada di Lahat, maka membangun hubungan emosional paslon dengan masyarakat dapat dikatakan kurang.

Bagaimana dengan alat kontak ” BALIHO ” atau lainnya ” , tentu untuk saat ini alat kontak sudah kurang efektif, sebab masyarakat inginnya ketemu dengan paslon, artinya pengaruh alat kontak diputaran terakhir sudah kurang efektif.

Dengan demikian paslon seharusnya memang menghitung kembali yang sudah dicapai dan akan dicapai dengan waktu tersisa. (Oleh : DRS.H.AHMAD SUBARDI AKBAR)

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

KIKIM TIMUR - Sabtu, 10-Desember-2022 - 13:37

PEMDES CEMPAKA SAKTI REHAP KANTOR DESA 

selengkapnya..

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
LAHAT SELATAN - GUMAY ULU - PULAU PINANG - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT - KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI
TANJUNG SAKTI PUMI - PUMU - JARAI - PAJAR BULAN - SUKA MERINDU - MUARA PAYANG

TANJUNG SAKTI PUMI - Jumat, 09-Desember-2022 - 20:16

Polsek Tanjung Sakti, Gerebek Diduga Judi Sabung Ayam

selengkapnya..

GUMAY TALANG - PSEKSU - KIKIM TIMUR - KIKIM SELATAN - KIKIM BARAT - KIKIM TENGAH

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater