Warga Keluhkan Bau Tumpukan Sampah Jalan Baru, DLH Lahat Sampaikan Ini

Senin, 8-Juli-2024, 18:07


Lahat — Penumpukan sampah terjadi di beberapa tempat yang tidak pada tempatnya mengganggu warga seperti tumpukan sampah di jalan baru ini. Seorang pengendara motor Udin (45 tahun) warga kecamatan Lahat mengeluhkan tumpukan sampah tersebut.

“Ya saat saya melewati jalan baru jalan , ada tumpukan sampah , dan bau sampah tersebut sangat mengganggu, banyak lalatnya sampah tersebut juga banyak ada berkarung karung , apalagi pas di jalan yang banyak tumpukan sampah juga sedang dalam perbaikan juga jalannya rusak jadi kita pasti pelan pelan saat berkendara baunya sangat menyengat,” ucapnya. Senin (8/07/2024)

Kami saja yang lewat sini merasa sangat tidak tahan dengan bau dari sampah yang di buang oknum tersebut, apalagi warga sekitar sini, itu seperti sampah limbah ayam, tumpukan sampah itu kalau dari underpas setelah Polsek kota arah ke PT BMS ucap Udin .

Sementara Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) kabupaten Lahat Ir Agus Salman di dampingi Kabid Pengelolaan sampah, limbah B3 Indra Buana SH disampaikan
Zulkipli SE pengendali dampak lingkungan / sub koordinator penanganan sampah DLH Lahat mengatakan masalah sampah masih menjadi problematika dan terkait keluhan masyarakat ini harus kita cari solusi bersama, kalau hanya mengandalkan dari DLH saja percuma”, tuturnya.

“Kami dari DLH Lahat untuk wilayah di jalan baru menyiapkan armada 2 mobil yang ada pembuangan sampah seperti di dekat Hotel Santika kami angkut dan bersihkan 3 kali sehari, pagi siang dan malam, untuk di jalan poros semua ini untuk kebersihan kita kebersihan wilayah kecamatan kota Lahat ” ucap Zulkifli.

“Dan terkait adanya tumpukan sampah yang di buang oleh oknum tersebut telah kami bersih kan , Untuk penumpukan sampah tersebut kami menggunakan alat berat membersihkannya bersama tim, namun setelah kami bersihkan sampah sampah ini, oknum membuang lagi sampahnya bahkan nambah lagi tumpukan nya di tempat lain namun tetap di jalan baru itu”, katanya .

Kami sudah mensosialisasikan untuk jangan membuang sampah sembarangan, dan ini akan kami bersih kan lagi kami harapkan masyakarat yang lewat pas tahu oknum tersebut lagi membuang sampah silahkan lapor/ kirim ke kami, untuk di ketahui bila pembuangan sampah sembarangan ada Perdanya juga bila ketahuan oknum tersebut juga akan terkena sanksi administrasi denda berkisar dari uang 250 ribu rupiah sampai dengan 5 juta rupiah”, katanya .

Untuk kabupaten Lahat yang indah dan bersih mari kita tertib membuang sampah buanglah sampah pada tempatnya, selain sampah itu juga dapat kita pilah yang nantinya bisa menghasilkan tambahan ekonomi untuk kita mari sayang Lahat sayangi bumi kita”, ucap Zulkifli.

Senada Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) kabupaten Lahat Ir Agus Salman melalui WA Kabid Pengelolaan sampah, limbah B3 Indra Buana SH, mengatakan “Kami juga mengharapkan informasi dari masyarakat terkait pelaku pembuangan sampah tidak pada tempatnya, juga kalo masyarakat perlu penangan sampah yang sifatnya tidak rutin dengan catatan sampah rumah tangga atau sejenis rumah tangga misalnya ada hajatan atau gotong royong dapat memanfaatkan layanan call center pelayanan sampah DLH Lahat di nomor Wa +62 821-8290-0820 ,” katanya.

“Khusus jalan baru di Tahun 2024 kami sudah menerima 4 aduan tumpukan sampah dan selalu di eksekusi terakhir bersama sama pemdes manggul dan camat kota Lahat, kita sudah melakukan berbagai upaya pencegahan tumpukan sampah tidak pada tempatnya melalui sosialisasi, pemasangan himbauan melalui banner atau sosmed, hal ini senafas dengan ritme kerja dan slogan pak PJ. Bupati Lahat untuk menjadikan pelayanan yang berfaedah dan bermanfaat” tutur Indra . (EY)

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

KIKIM TIMUR - Senin, 22-Juli-2024 - 21:50

DESA CEMPAKA SAKTI DIBANGUN JALAN COR BETON

selengkapnya..

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
PULAU PINANG - GUMAY ULU - GUMAY TALANG - LAHAT SELATAN
KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT
TANJUNG SAKTI PUMU - TANJUNG SAKTI PUMI

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater