GEMPA LAHAT BUKAN KARENA BLASTING, TAPI PATAHAN LOKAL

sekitar kaki Bukit Serelo

Sabtu, 15-Oktober-2022, 15:21


LAHAT – Tepat pukul 00:40 Wib 15 Oktober 2022 terjadi gempa dengan kekuatan 4,9 magnitudo. Jarak gempa hanya 16 km dari pusat kota Lahat dengan kedalaman 10 km.

Gempa yang terjadi di sekitar kaki Bukit Serelo ini mengagetkan warga sekitar. Tidak hanya di sekitar Lahat, wilayah Muara Enim dan Prabumulih juga merasakan gempa ini.

Sebelum terjadi gempa utama ini, siang nya terjadi gempa pendahulu dengan kekuatan M4,0.

Menurut Sabar Ardiansyah, S.ST dari BMKG Kepahiang-Bengkulu, Melihat lokasi gempa dan kedalaman nya yang sangat dangkal ini, dugaan kuat bahwa gempa ini dibangkitkan oleh patahan lokal tektonik yang ada di sekitar kaki Bukit Serelo, bukan katena blasting (bom) katanya

Pasca gempa utama M4,9, hingga kini pukul 12.01 Wib BMKG telah mencatat 3 kali gempa susulan dengan kekuatan M2,6 , M2,7 dan M2,9. Artinya total kejadian gempa selama tanggal 14 dan 15 Oktober 2022 di wilayah ini sudah mencapai 5 kali kejadian.

Masih kata Sabar Ardiansyah, Sangat jarang terjadi, namun harus mendapat perhatian cukup serius. Sebab, jika terjadi gempa dengan kekuatan lebih besar maka berpotensi mengakibatkan kerusakan di wilayah sekitar, ujarnya

Gempa darat bersifat sangat merusak karena kedalaman dangkal apalagi pusat gempa berada tidak jauh dari pemukiman warga.

Segera keluar rumah jika merasakan getaran gempa. Sampai keadaan benar-benar aman, kemudian boleh kembali. Semoga kita senantiasa dilindungi dari bahaya yang lebih besar (YOKI)

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
PULAU PINANG - GUMAY ULU - GUMAY TALANG - LAHAT SELATAN
KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT
TANJUNG SAKTI PUMU - TANJUNG SAKTI PUMI

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater