ISI

NOPRAN MARJANI : 7 MARET SPM GAJI GURU SMA/SMK SUMSEL SEGERA DIPROSES

6-Mar-2017, 23:49


PALEMBANG – Menyikapi permasalahan keterlambatan gaji guru SMA/SMK yang telah berpindah kewenangan di Pemerintah Propinsi Sumatera Selatan, Anggota DPR asal Lahat, yang juga sebagai politisi Partai Gerindra ini melakukan koordinasi dengan pihak yang berkaitan dengan hal ini.

Kepada Lahatonline.com dia menyampaikan di Dapil 7 Lahat, Pagar Alam dan Empat Lawang, sering menyampaikan keluahan permasalahan gajinya. Baik lewat sms, telepon, atau dari media sosial. Sebagai wakil rakyat dia sangat memahami kondisi ini, maka untuk rekan-rekan guru SMA/SMK, yang selama Januari, Februari, Maret ini (2017) mengalami keterlambatan pembayaran gaji tak perlu risau.

“Saya telah melakukan koordinasi dengan pemerintah Sumatera Selatan melalui Dinas Pendidikan dan BPKAD, dan mencoba menanyakan kondisi yang dialami oleh kawan-kawan guru. Mereka mempertanyakan masalah keterlambatan ini, dari pertemuan ini, ada masalah administasi permindahan tanggung jawab dari pemerintah Kab/Kota ke propinsi.

Dengan adanya peralihan ini diperlukan administrasi baru ke BKD Propinsi dan BKN pusat, sejak bulan Januari lalu seluruh guru tersebut melakukan pemberkasan ulang, bulan Februari seluruh berkas telah lengkap. Sedangkan penggajian mereka dibulan Januari telah dibayarkan bulan Februari lalu, untuk gaji bulan Feruari telah dibayar melalu BPKAD proinsi pada tanggal 27 Februari 2017,” jelas Nopran.

Kemudian kata Nopran, bulan Maret terjadi keterlambatan juga, sebagai wakil masyarakat di daerah pilihan, saya tentu mereka mempertanyakan hal ini. Mereka (guru) mempertanyakan kepastian pembayaran gaji bulam Maret ini, maka berkaitan dengan hal ini, Senin (7/3), dia telah memanggil kepala dinas Pendidikan Propinsi, dan kepala BPKAD diwakili oleh kabag anggaran.

“Kita hanya ingin meminta penjelasan kenapa kok gaji guru ini belum dibayar, padahal hal ini sudah tanggal 7 Maret 2017 ? menurut mereka, sesuai dengan ketentuan yang ada, bahwa untuk membayar gaji guru sebanyak 9.550 orang itu, harus masuk ke rekening masing-masing.

Hanya Dinas Pendidika propinsi belum menyetorkan rekening guru penerima, imbasnya gaji tersebut belum bisa dibayarkan, sedangkan dinas propinsi menginginkan pembayaranannya lewat bank Sumselbabel. Yang kemdian ditransfer ke kantor cabangnya di Kab/Kota, baru ditrassfer ke rekning sekolah,” uraianya.

Masih kata Nopran, hal ini mengingat dengan sejumlah kewajiban guru, berkaitan dengan pembayaran pinjaman dengan pihak bank, koperasi dan lainnya, sehingga menyulitkan untuk penagihan pembayarannya. Inilah kendala yang dihadapi, kenapa gaji bulan Maret belum bisa dibayarkan.

“Maka saya berinisiatif kali ini coba mempertemukan kedua belah pihak agar didapat penyelesaian dan jalan keluar, dan secara aturan gaji ini harus masuk rekening yang bersangkutan. Maka dinas pendidikan harus menyiapakan daftar rekening itu.

Akhirnya pertemuan didapat kesepakatan, bahwa gaji itu akan diproses, hari Selasa (8/3), dan segera dinas pendidikan membuatkan Surat Merintah Membayaran (SPM). Diperkiarakan akan selesai dalam minggu ini, dengan catatan bila yang bersangkutan (guru) tidak menyetorkan nomor rekening ya belum bisa dibayar,” ujar Nopran.

Dia berharap, jangan sampai guru yang ada di Sumsel ini, terhambat oleh guru yang tak menyerahkan nomor rekaning itu, dan meminta untuk segera menyelesaikan data guru tersebut.

“Dengan adanya ketegasan dari kedua instansi ini, maka untuk bulan berikutnya akan lakukan pembayan sesuai dengan jadwal yang ada, artinya setiap tanggal 1 bulan berjalan PNS akan menerima gaji secara otomatis. Terakhir kami menghimbau rekan-rekan guru, yang belum melengkapi administrasi ini secepatnya menyelesaikannya,” tandanya. (Indi)

Link Video :

Pernyataan Nopran Marjani Terkait Keterlambatan Pembayara Gaji Guru SMA/SMK di Sumsel

Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on LinkedIn Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

INVESTIGASI

BERITA SEBELUMNYA

PANjang CeritE

SIAPE Dan TUAPE

VIDEO

TUTORIAL “LEMANG” POLISI LAHAT

  • TUTORIAL “LEMANG” POLISI LAHAT

SINERGITAS POLRES LAHAT

  • SINERGITAS POLRES LAHAT

LAGU LAHAT

  • LAGU LAHAT