ISI

BUDAYA : SEGUDANG GROUP SENI DIMILIKI WARGA PERUMNAS 3 BANDAR JAYA LAHAT

19-Oct-2014, 14:29


Banyak kesenian tradisional kita yang tampil di kota Lahat, terutama pada acara perhelatan pernikahan, setelah acara sakral Akad Nikah, biasanya langsung diselanggarakan acara resepsi pernikahan, diacara inilah berbagai kesenian tampil menyelingi acara sambutan-sanbutan baik dari ahli rumah ataupun sambutan wakil undangan.

Dalam acara resepsi pernikahan setelah tamu undangan hadir, saatnya pengantin diarak menuju tenda atau gedung yang langkah pertamanya dari satu tempat dengan berjalan diikuti oleh kedua belah pihak keluarga pengantin, rombongan arak-arakan inilah yang dinamakan Saropal Anam. Lagu-lagu puji-pujian keislamanpun berkumandang menyemangati perjalanan kedua mempelai menuju lokasi resepsi.

Setelah sampai di lokasi resepsi pengantinpun siap menuju panggung untuk menduduki singgasana kursi pelaminan dengan disambut iringan music gending sriwijaya ataupun tari tanggai dan ini disebut dengan tari sambut. Inilah tahap pertama para tamu undangan mengikuti acara resepsi pernikahan di Kabupaten Lahat.

Acarapun dimulai dengan dikawal oleh pembawa acara dengan susunan acaranya biasanya ada acara sambutan dari ahli Rumah dan undangan serta Do’a. diantara ketiga acara ini untuk mengurangi kejenuhan, peñata acara akan menampilkan berbagai hiburan sebagai acara selingan.

Sering kita saksikan diacara semacam ini ditampilkan tari daerah Lahat seperti tari Erai-erai yakni tari pergaulan, namun ada juga tari saman atau juga tari dari Melayu dan lainya.

Akhir-akhir ini ada kesenian yang notabene bernuansakan Islami yakni kesenian Marawis, semacam kesenian dari Arab, dibawakan oleh sekelompok Ibu Rumah Tangga dengan lagu-lagu bersyairkan bahasa Arab, seperti yang terlihat dalam acara resepsi pernikahan salah satu warga di lingkungan Perumnas 3 kelurahan Bandar Jaya Lahat.

Ternyata dikompleks perumahan ini memiliki berbagai grup seni bahkan juga tari, Selain Seni Saropal Anam dan Marawis Nurussalam terdapat juga kelompok Tari Erai-Erai dan Indang Badinding yang dibawakan oleh anak-anak yang berpendidikan Taman Kanak-kanak, tentu saja ini merupakan suatu usaha dari Warga perumnas 3 ini untuk tetap berkreasi dan melestarikan Budaya Lahat yang patut diapresiasi oleh berbagai kalangan sehingga kesenian ini tidak mudah pudar dan musnah ditelan jaman pada Era Modernisasi ini/Ditulis oleh Ade Joko S (Ade-LO-005

Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on LinkedIn Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

  • LAHAT - 16-Oct-2017, 21:27

    DPC PKB LAHAT DAFTAR KE KPUD

    LAHAT - Tepat pada pukul 20.00 WIB ketua DPC PKB Kabupaten Lahat diiringi oleh sekretaris, anggota D

INVESTIGASI

BERITA SEBELUMNYA

PANjang CeritE

SIAPE Dan TUAPE

VIDEO

TUTORIAL “LEMANG” POLISI LAHAT

  • TUTORIAL “LEMANG” POLISI LAHAT

SINERGITAS POLRES LAHAT

  • SINERGITAS POLRES LAHAT

LAGU LAHAT

  • LAGU LAHAT