Ini Program Pembiasaan Rutin di SMPN 6 Lahat 

Senin, 25-September-2023, 16:34


LAHAT – SMP Negeri 6 Lahat, yang terkenal dengan slogan Shaleh Mandiri Aktif Cerdas Terampil dan Qurani (SMART-Q), memiliki daya tarik tersendiri di Kabupaten Lahat tiap tahunnya. Bagaimana tidak, meski berstatus sebagai sekolah negeri, namun nuansa islami begitu kental terasa di sekolah unggul ini. Dari pembiasaan pesert didik tiap hari, ditambah dengan Program Muatan Keagamaan (PMK).

Disamping menerapkan kurikulum yang mengacu pada Kemendikbud, PMK juga termasuk kedalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) yang diterapkan dan digugus oleh tim managemen sekolah. Sejak tahun 2008, dengan Surat Keputusan Bupati Lahat saat itu, H Harunata dan disahkan oleh Disdikbud Kabupaten Lahat tiap tahunnya.

Kepala SMPN 6 Lahat, Rahmi Parianti SPd menjelaskan, PMK memiliki empat mata pelajaran, antara lain Fiqih Ibadah, Muhadarah, Tahsinul Quran dan Tahfizul Quran, setiap Senin hingga Rabu, pukul 14.20 sampai 16.00 WIB.

“Raport PMK terpisah dari raport reguler. Raport ini nantinya, bisa jadi bekal untuk peserta didik yang ingin melanjutkan ke pendidikan yang berbasis agama,” jelas Rahmi, Senin (25/9/2023).

Selain itu juga, siswa SMP Negeri 6 Lahat memiliki pembiasaan (rutinitas) sebelum kegiatan belajar mengajar dimulai. Diantaranya, pukul 07.00. – 07.40 WIB diisi dengan pembiasaan pagi, berupa siswa membawakan acara secara bilingual (Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris), Murajaah hapalan Al Qur’an juz 30, Tausyiah singkat, memimpin doa. Khusus hari Kamis, pembiasaan pagi ditambah dengan kegiatan pentas seni dari siswa yang bertugas (terjadwal).

Lalu pukul 09.40 -10.00 WIB, siswa-siswi melakukan shalat dhuha berjamaah (terjadwal). Berikutnya, pukul 12.00 – 13.00 WIB, shalat dzuhur berjamaah. Dilanjutkan mulai pukul 14.20 – 16.00 WIB, pembelajaran PMK. Kemudian, pukul 15.30 – 16.00 WIB yaitu shalat ashar berjamaah (terjadwal).

Masih menyangkut dengan program keagamaan lainnya, yakni kegiatan taklim keputrian setiap Jum’at pukul 12.00 – 13.00 WIB, dibimbing oleh guru pembina PMK dan ekstra Seni Baca Quran dan Tahfiz Quran. Terakhir, ujian tahfiz bersama orang tua satu tahun 2 kali.

“PMK ini ciri khas SMPN 6 Lahat. Tujuannya, supaya anak unggul dalam segala hal baik pengetahuan umum maupun spritual. Sebab, ilmu pengetahuan saja tidak cukup untuk diberikan kepada anak,” ungkap Rahmi.

Via

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
PULAU PINANG - GUMAY ULU - GUMAY TALANG - LAHAT SELATAN
KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT
TANJUNG SAKTI PUMU - TANJUNG SAKTI PUMI

ARTIKEL/OPINI - Jumat, 01-Desember-2023 - 07:31

Parkir Tertib, Lalu Lintas Teratur 

selengkapnya..

LAHAT - Kamis, 30-November-2023 - 20:51

Puskesmas Pagun Borong 3 Penghargaan

selengkapnya..

MULAK ULU - Kamis, 30-November-2023 - 12:42

Jenderal Mulak Ulu Kabupaten Lahat 

selengkapnya..

TANJUNG TEBAT - Selasa, 28-November-2023 - 15:15

Di Tanjung Tebat, Cik Ujang dan Hariyanto Berpamitan 

selengkapnya..

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater