Tingkatkan Daya Saing dan Mutu Kopi, Dinas Perkebunan Lahat Gelar Festival Kopi

Rabu, 7-Juni-2023, 17:44


Lahat — Dalam upaya mensejahterakan masyarakat membangkitkan perekonomian masyarakat, serta meningkatkan mutu, khususnya dalam pengelolaan kopi di kabupaten Lahat, Pemerintah kabupaten Lahat melaksanakan festival kopi 2023 se-kabupaten Lahat . Rabu (07/6/2023) bertempat di halaman gedung kesenian kabupaten Lahat provinsi Sumsel.

Kepala Dinas Perkebunan Kabupaten Lahat, Vivi Anggraini STTP MSi menuturkan, bukan hanya untuk peningkatan mutu, nilai daya saing, festival kopi ini juga sebagai upaya untuk meningkatkan pemasaran kopi khususnya kopi robusta di Lahat. Sehingga kedepan, kopi jadi salah satu komoditi yang ikut menyumbang Pendapatan Asli Daerah (PAD) bagi Kabupaten Lahat.

“Tujuan utamanya untuk mensejahterakan petani kopi, dan memunculkan inovasi baru pelaku usaha kopi di Lahat. Tentu upaya itu perlu melibatkan peran serta dan kerjasama banyak pihak. Mulai dari petani kopi, pelaku usaha kopi, pecinta kopi, instansi pemerintah dan lembaga private. Sehingga mampu menuju kopi Lahat Bercahaya,” tutur Vivi.

Sementara Ketua dewan kopi Sumsel Ismet Zain mengatakan kami sangat bangga bisa hadir di kabupaten Lahat karena Lahat salah satu penghasil kopi terbaik dan mempunyai kebun kopi terluas di Indonesia .tetapi kopi kita kurang terkenal di Indonesia, jadi kita harus punya strategi mengenai kopi ini” . Ungkapnya.

Sementara Bupati Lahat Cik Ujang SH,
Potensi kopi di Lahat cukup besar. Petani harus bisa merubah pola yang dilakukan selama ini, agar kualitasnya terjaga. Seperti hanya memetik biji berwarna merah, dan tidak lagi menjemur di aspal. Itu akan berimbas pada hasil jual, terangnya.

Di kabupaten Lahat untuk mengenalkan dan mempopulerkan kopi dari 24 Kecamatan ada sekitar 22 Kecamatan yang membudidayakan tanaman kopi jenis robusta, arabika dan dengan festival kopi yang kita laksanakan hari ini juga agar dapat diakui di kancah nasional dan internasional Kopi dari kabupaten Lahat .

“Kenalkan lah kopi kabupaten Lahat, produk produk inovasi dari kabupaten Lahat , promosi kita galakkan ciptakan kopi khas kita tetapi kopi asli jangan di campur seperti campuran jagung, memang modalnya lebih besar tetapi hasil/nilai akan lebih tinggi tentunya menjaga kualitas kopi,” pesannya .

Tak hanya itu, sebagai upaya meningkatkan kualitas dan hasil produksi kopi, Dinas Perkebunan Kabupaten Lahat di tahun 2023 mengutus 32 orang penggiat kopi untuk pelatihan di Kabupaten Jember Provinsi Jawa Timur. (EY).

donasi relawan lahatonline.com
Bagikan ke :
Share on Facebook Share on Google+ Tweet about this on Twitter Email this to someone Share on Whatsapp

BERITA TERKINI

LAHAT DALAM POTRET

LAHAT
MERAPI TIMUR - MERAPI BARAT - MERAPI SELATAN
PULAU PINANG - GUMAY ULU - GUMAY TALANG - LAHAT SELATAN
KOTA AGUNG - MULAK ULU - MULAK SEBINGKAI - PAGAR GUNUNG - TANJUNG TEBAT

LAHAT - Selasa, 16-April-2024 - 18:21

Polres Lahat Gelar Halal Bihalal

selengkapnya..

TANJUNG SAKTI PUMU - TANJUNG SAKTI PUMI

MULAK ULU - Minggu, 14-April-2024 - 09:00

PENOMENA MISTIS TEBAT BESAK LAWANG AGUNG

selengkapnya..

Nak Keruan Gale

Seni Budaya

Wisata

Almamater